Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gol Semata Wayang Falcao Antar Porto Juara Liga Europa
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 19-05-2011 | 08:56 WIB

Dublin, batamtoday - Berkat gol semata wayang striker tim nasional Kolombia, Falcao berhasil mengantarkan FC Porto menjadi jawara Liga Europa setelah mengalahkan sesama tim Portugal, Sporting Braga di Stadion Aviva, Dublin, Kamis, 19 Mei 2011

Pertemuan antar kedua tim Portugal yang untuk kali pertama terjadi di pentas Liga Europa ini menorehkan sejarah baru bagi FC Porto, terlebih bagi pelatih Andre Villas-Boas, yang mempersembahkan gelar ganda di musim pertamanya untuk klub tersebut.

Sporting Braga langsung menggebrak jantung pertahanan Porto sejak peluit pertama ditiupkn wasit, melalui gelandang Custodio. Meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Helton, tendangannya masih melebar dari sasaran.

Akan tetapi tidak lama kemudian Porto seharusnya sudah bisa mengungguli lawannya, bila aksi individu Hulk dari sisi kiri yang kemudian menerobos ke dalam kotak penalti, gagal membuahkan hasil, saat tendangannya kerasnya masih berada tipis di sisi kiri gawang.

Kebuntuan bagi Porto terpecahkan juga saat paruh pertama tersisa satu menit. Berawal dari umpan silang yang sangat jitu dari Fredy Guarin ke dalam kotak penalti, striker asal Kolombia, Falcao, mampu menyarangkan bola dengan tandukannya ke pojok atas gawang tanpa dapat diselamatkan Artur.

Usai jeda, Braga berpeluang untuk mengimbangi keadaan bila kesalahan Fernando dalam menguasai bola mampu dimaksimalkan oleh pemain pengganti, Mossoro, saat ia sudah berhadapan dengan Helton, namun tendangan datarnya masih mampu dimentahkan kiper Brazil tersebut.

Braga, yang diasuh oleh Domingos Paciencia, sepertinya tidak ingin kalah begitu saja di babak kedua, setelah ia melakukan tiga pergantian dengan memasukkan Kaka, Mossoro dan Meyong dalam kurun waktu satu jam.

Sementara pelatih Porto, Andre Villas-Boas, baru melakukan pergantian di menit ke-73, dengan menarik pengumpan gol Falcao, Fredy Guarin, dan memberikan kesempatan kepada pemain asal Argentina, Fernando Belluschi dan James Rodriguez.

Susunan pemain:

Porto: Helton, Sapunaru, Rolando, Otamendi, Pereira, Guarin (Belluschi 73'), Fernando, Joao Moutinho, Hulk, Falcao, Varela (James Rodrgiguez 79')

Braga:  Artur Moraes, Miguel Garcia, Paulao, Rodriguez (Kaka 46'), Silvio, Custodio, Hugo Viana (Mossoro 46'), Vandinho, Alan, Lima (Meyong 66'), Paulo Cesar