Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Edward Mushalli Buka Gawai Seni ke IX Di Tanjungpinang
Oleh : Charles
Rabu | 18-05-2011 | 18:23 WIB
Pembukaan_Gawai_Seni_Tanjungpinang_Ditandai_dengan_Penabuaan_Gendang_Oleh_Wawako_Tanjungpinang.JPG Honda-Batam

Tabuh Gendang - Wakil Wali Kota Tanjungpinang Edward Mushalli melakukan tabuh gendang, sebagai awal dibukanya Gawai Seni Tanjungpinang 2011.

Tanjungpinang, batamtoday - Bertempat di lapangan Pamedan A.Yani, Wakil Walikota Tanjungpinang Edward Mushalli secara resmi membuka Gawai Seni ke IX Kota Tanjungpinang,Selasa, 17 Mei 2011. Gawai Seni ke IX Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang ini akan digelar dari tanggal 17 hingga 21 Mei 2011.

 

Ketua Panitia Pelaksana Gawai Seni Kota Tanjungpinang, Safarudin mengatakan dalam pelaksanaan Gawai Seni tahun ini, akan mempertandingkan cabang lomba seperti Lomba Tari Melayu Tradisi Tingkat SD SMP SMA, Lomba Tari Melayu Kreasi Tingkat Sanggar dan Umum dan Lomba Lagu Melayu Tingkat SD SMP SMA & umum.

“Dari semua yang mendaftar akan kita audisi dahulu, yang kemudian akan diambil sebanyak 12 orang atau regu yang terbaik," ungkap Safarudin.

Tujuan dari Gawai Seni IX Kota Tanjungpinang sendiri, tambah Safarudin adalah untuk mengupayakan dan mewujudkan Kota Tanjungpinang menjadi kota budaya dan wisata, serta sebagai ajang pembinaan dan meraih prestasi hingga dapat menghasilkan sejumlah duta seni yang nantinya bisa diikutsertakan dalam event budaya dan wisata tingkat provinsi maupun nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parewisata Kota Tanjungpinang, Said Parman, mengatakan konsep Gawai Seni IX ini lebih mendekatkan dan lebih menekankan pada ranah tradisi.

“Diharapakan nantinya generasi penerus kita bisa menjadi pewaris atas warisan-warisan tradisi dan kesenian kita”, ujarnya.

Wakil Walikota Tanjungpinang H. Edward Mushalli dalam sambutannya,mengatakan, budaya telah ada dari zaman nenek moyang dahulu dan tentunya harus terus membina dan mengembangkannya agar tidak punah ditelan zaman yang serba maju.

“Untuk itu, melalui Gawai Seni inilah sebagai sarana untuk menggali khazanah budaya melayu, dan kita berharap akan lahir seniman-seniman besar dan Raja Ali Haji yang lain dari negeri ini,"ujarnya.

Edrward juga menyampaikan bahwa dalam pengembangan budaya seluruh instansi terkait dapat berperan, seperti lembaga-lembaga formal maupun sekolah.

“Kita jangan mengukur suatu bangsa dari tinggi gedungnya, tapi lihatlah dari budi pekerti masyarakatnya yang cinta damai dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi," pesan Edward.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Tanjungpinang dan para undangan yang lain juga menyaksikan penampilan pelantun lagu melayu tingkat SD yang terdiri dari 6 kategori putra dan 6 kategori putri yang siap bertanding meraih juara.