Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Metro Jakarta Timur Memberi Komando Pengejaran

Mesin Pengisi ATM BCA Berisi Rp2 M Dirampok
Oleh : Tunggul Naibaho
Minggu | 15-05-2011 | 03:52 WIB

Jakarta, batamtoday - Perampok berhasil membawa kabur sebuah mesin pengisi ATM BCA di depan Apotik Tania, Jalan Robusta, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu, 15 Mei 2011 malam sekitar pukul 22.00 WIB. Perampok diperkirakan berjumlah dua orang dan membawa uang sekitar Rp2 miliar yang ada dalam mesin pengisi ATM tersebut.

Diperoleh keterangan, karyawan BCA yang terdiri dari seorang supir, teknisi, dua orang satpam, ditambah seorang polisi yang bertugas mengawal, tiba di depan apotik Tania sekitar pukul 22.00 WIB, sesaat setelah mengambil uang di ATM BCA di daerah Buaran.

Para karyawan BCA tersebut datang dengan mobil Daihatsu Grand Max warna silver Nopol B9713 FH. Pada saat itu, yang turun mengambil uang adalah teknisi dan dua orang satpam. Sedangkan sopir dan polisi pengawal tetap berada di dalam. Namun demikian, mesin mobil dibiarkan dalam keadaan tetap hidup, dan pintu mobil dibuka.

Tidak lama kemudian masuk dua perampok ke dalam mobil menodongkan senjata api kepada sopir, dan juga kepada petugas pengawalan yang berada di dalam mobil. Perampok lalu membawa kabur mobil Grand Max berikut mesin uang yang diperkirakan berisi uang tunai sebanyak Rp2 miliar.

Kapolsek Metro Duren Sawit Kompol Titik Setyawati yang dihubungi per telepon, membenarkan telah terjadi perampokan di wilayah hukumnya.

"Benar, iya, perampokan itu benar, tapi tolong telepon ke nomor lain, pake nomor ini juga, tapi buntutnya delapan, yaa, saya sedang bicara dengan bapak Kapolres," kata Setyawati kepada batamtoday Senin 16 Mei 2011 dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB.

Apakah perampok sudah tertangkap atau masih dalam pengejaran, tanya batamtoday, dan Titik menjawab sedang dalam pelacakan.

"Masih dalam pelacakan, mas, anggota sudah kita turunkan, tolong yaa, mas, teleponya sudah, saya lagi bicara dengan Bapak Kapolres," kata Titik menolak untuk bicara lebih banyak soal perampokan tersebut.

Perampokan mesin uang pengisi ATM BCA tersebut ternyata mendapat perhatian khusus dari Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Saidal Mursalim, sehingga perwira menegah polisi tersebut harus tetap terjaga hingga dinihari ini untuk mengomandoi langsung pelacakan dan pengejaran para perampok.

Sumber di Mapolsek Metro Duren Sawit mengatakan, saat ini sopir pembawa mesin pengisi uang tersebut, sedang diperiska petugas di Mapolsekta Metro Duren Sawit.

"Ya, supirnya sedang diperiksa, tapi kalau soal satpam sama polisi yang ngawal, saya belum tahu," ujar sumber.