Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BMKG : Waspadai Potensi Puting Beliung dan Hujan Bercampur Petir
Oleh : Ali / Dodo
Kamis | 12-05-2011 | 18:45 WIB

Batam, batamtoday - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memprediksikan tiga hari ke depan akan terjadi hujan berkepanjangan yang merata di Batam akibat cuaca yang panas terus terjadi beberapa hari ini.

"Tiga hari ke depan, khususnya pada Jumat, 13 Mei 2011 akan terjadi hujan yang merata," ujar Agus Salim Lacuda, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim, Batam, Kamis 12 Mei 2011.

Agus mengatakan,melalui pantauan mesin cuaca BMKG mengindikasikan akibat panas beberapa terakhir ini, mengalami tumpukan pada awan cummulonimbus (CB)  yang berpotensi terjadinya hujan petir, sehingga Agus kembali mengingatkan kepada masyarakat Batam agar tetap waspada terjadnya petir dan puting belung.

"Volume hujan yang turun pada tataran debit 20 milimeter pada Jumat nanti. Dengan kondisi awan yang berpotensi hujan petir ini juga dapat mengakibatkan terjadinya puting beliung karena perputaran dari dua arah angin yang berbeda," terangnya.

Agus kembali menerangkan, di bawah awan CB akan terjadi dua tekanan angin dua arah, yakni dari atas awan dan dari bawah awan sehingga menyebabkan perputaran pada angin tersebut.

Sedangkan untuk kondisi di wilayah perairan Batam,  lanjut Agus saat ini  tinggi gelombang cukup aman untuk berlayar dengan ketinggian gelombang mencapai satu hingga satu setengah meter. Akan tetapi tinggi gelombang saat ini dapat berubah bila terjadi pergolakan awan CB di atas perairan.

"Bila pergolakan angin dua arah ini terjadi, tidak tertutup kemungkinan perairan di bawah awan CB akan tercipta gelombang yang tinggi dan menyebabkan terjadi puting beliung di daratan yang dekat dengan perairan," tambahnya.