Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Penipuan Nasabah, Polisi akan Periksa Pegawai Bank Mandiri
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 22-01-2014 | 16:44 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Aparat kepolisian Satreskrim Polresta akan memanggil pihak Bank Mandiri terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana pinjaman nasabah yang dilakukan oknum pegawai Bank Mandiri, Yossi Febriani.

Saat ini, baru satu nasabah bernama Sri yang sudah melaporkan kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan oknum Bank Mandiri di Mapolsek Bengkong. Sri, hanya salah satu korban yang dilakukan Febri, diduga lebih dari 12 nasabah yang mengalami kasus yang sama.

"Laporan sudah satu kasus yang dilaporkan di Polsek Bengkong, kami akan memanggil pihak Bank Mandiri untuk menindaklanjuti kasus ini," kata Kapolresta Barelang, Kombes Pol Mohammad Hendra Suhartiyono, Rabu (22/1/2013).

Hendra menjelaskan, jika korban yang melapor sudah lebih dari satu orang dan jumlahnya semakin besar tak menutup kemungkinan kasus tersebut akan ditarik ke Mapolresta Barelang.

Sementara itu, Pimpinan Bank Mandiri Mikro Usaha KPC Bengkong, Abdul Rahman selaku pimpinan tempat kerja Febri saat dikonfirmasi mengaku, sudah mengetahui persoalan itu. Pihak Bank belum bisa ambil tindakan karena saat ini Febri memang sudah hilang kontak.

"Saya sudah tahu masalah ini, tapi saya belum bisa berkomentar banyak. Kami masih cari Febri untuk bertanggung jawab masalah ini," ujar Rahman.

Disinggung mengenai standar prosedur kerja khususnya dalam hal kredit pinjaman dan agunan, Abdul enggan mengaku sudah sesuai prosedur meskipun kenyataan surat kaveling yang diajukan Febri untuk pinjaman itu Palsu.

Bahkan Abdul melemparkan tanggung jawab sepenuhnya kasus tersebut kepada Fabri. Padahal jelas Febri adalah karyawannya yang memalsukan dokumen surat kaveling untuk mengajukan pinjaman atas nama korban.

Jika pihak Bank Mandiri mengaku tak terlibat lantas dimana kerja tim survey lapangan untuk mengecek kebenaran dokumen yang diagungkan itu."Itu nanti silahkan konfirmasi ke kantor pusat," tutup Rahman.

Sedangkan pihak pimpinan Kantor Pusat Bank Mandiri Batam yang berada di Nagoya hingga kini belum bisa dikonfirmasi dengan alasan masih banyak pekerjaan.

"Bapak masih ada tamu dari pusat, nanti kami sampaikan ke pimpinan jika beliau kembali," ujar sekretaris Pimpinan Bank Mandiri Batam.

Editor: Dodo