Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadis Langganan Dikritik DPRD Tak Diganti

Nurdin Lantik Pejabat Eselon Pemkab Karimun
Oleh : Alrion
Senin | 09-05-2011 | 14:11 WIB
pelantikan_pejabat_eselon_II,III_dan_IV.JPG Honda-Batam

Bupati Karimun H. Nurdin Basirun saat mengambil sumpah jabatan eselon II,III dan IV di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Karimun, senin, 9 Mei 2011.

Karimun, batamtoday - Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, Bupati Karimun Nurdin Basirun akhirnya melantik pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun, di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Karimun, Senin, 9 Mei 2011.

Sebelum dilantik, pejabat yang akan diambil sumpahnya terlihat seksama mendengarkan penempatan tugas baru oleh bagian protoko, termasuk Pegawai Negeri Sipil yang hadir sesekali tepuk tangan mendengarkan nama Kepala Dinas (Kadis) yang mereka inginkan masuk ke jajaran kabinet Nurdin.

Namun dari beberapa Kadis yang selama ini sering dikritik DPRD Karimun, karena kinerjanya dinilai tidak maksimal, justru tidak diganti oleh Bupati Karimun, seperti Dinas PU Karimun, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kesehatan, Dinas Pertambangan dan Energi dan Dinas Kehutanan, Pertanian dan Perikanan.

Padahal beberapa kali setiap paripurna, DPRD Karimun selalu meminta agar Bupati Karimun mengganti para Kadis yang kinerjanya dinilai gagal, namun yang diganti justru pejabat yang jarang mendapat sorotan dari DPRD Karimun seperti Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata, Dispenda, Bapeda, Badan Kesbang dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga serta beberapa Kepala Bagian di Sekretariat Kantor Bupati Karimun.

Bupati Karimun H.Nurdin Basirun saat ditemui usai melantik pejabatnya berdalih tidak mudah untuk mengganti tenaga teknis seperti para Kadis itu. Menurutnya kritik dewan itu menjadi catatan mereka untuk memperbaiki kinerjanya.

"Mereka (Kadis-red.) tidak diganti agar dapat memperbaiki kinerja sebagaimana yang menjadi kritik anggota DPRD," ujar Nurdin sambil berlalu.