Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layanan Kesehatan Lebihi Kemampuan, Jumlah Puskesmas di Tanjungpinang Ditambah
Oleh : Agus Hariyanto
Rabu | 15-01-2014 | 18:26 WIB
Kesehatan-Tanjungpinang-Rustam.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jumlah Puskesmas di Tanjungpinang akan bertambah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang berencana menjadikan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Tanjungunggat, Kecamatan Bukit Bestari, menjadi Puskesmas. 

"Kita punya rencana akan meningkatkan status Pustu Tanjungunggat menjadi Puskesmas, karena disesuaikan dengan kondisi kebutuhan akan kesehatan lingkungan warga sekitar," kata Rustam, Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/1/2014).

Dengan peningkatan status tersebut, imbuh Rustam, tidak ada lagi warga Tanjungunggat dan sekitarnya yang kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan yang optimal, karena akan ada dokter jaga.

"Saat ini di Pustu itu ada empat petugas kesehatanya. Namun kalau sudah jadi Puskesmas maka akan naik menjadi 15 orang petugas termasuk dokter jaga. Tentu fasilitasnya akan ditambah, seperti ruang periksa dan lainnya," terang Rustam.

Rustam memaparkan, saat ini jumlah Puskesmas di Tanjungpinang ada lima, yakni di Jalan Ir Sutami, Jalan Dr Soetomo (Dogabu), Jalan Seijang, Batu 10, serta di Kampung Bugis. Total jumlah warga yang berobat mencapai sekitar 60 ribu orang per tahunnya. Jumlah warga yang berobat itu, menurut Rustam, sudah melebihi kemampuan layanan sebuah Puskesmas yang hanya lima unit. (*)

Editor: Roelan