Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Festval Burung Berkicau Botania Garden.
Oleh : Ali/Dodo
Minggu | 08-05-2011 | 16:29 WIB
burubg.jpg Honda-Batam

Suasana Festival Burung Berkicay Botania Garden, yang diselenggarakan di Botanaia Gaarden, Batam Center, Minggu, 8 Mei 2011. (Foto: Ali).

Batam, Batamtoday - Meramaikan Pasar Botania Garden, Batamcenter, Batam Pelastarian Burung Indonesia (PBI) menggelar festival 'Burung Berkicau Botania Garden' yang diikuti 200 peserta pencinta burung berkicau bekerjasama dengan  Vanindo Cipta Properti dari pukul 8.00 WIB, hari ini, MInggu 8 Mei 2011.

Ada Pun jenis burung berkicau yang diperlombakan yakni murai, Kenari, Lovebird, Muray Batu, Kacer, CC Polos, Cablek Jenggot Tembak, Kepala Kuning, Panted atau Cendet. Dll

"Pertandingan burung kicau ini baru pertama kali kita gelar disini (Botania Garde, red), karena ini pesanan dari Vanindo Cipta Properti agar pasar ini tetap ramai dikunjungi pengunjung," ujar Marza anggota PBI selaku koordinator pelaksana Festival burung berkicau Botania Garden.

Marza mengatakan, peserta yang mengkuti lomba kicau ini berjumlah 200, peserta selain dari batam juga ada yang datang dari Tanjung Balai Karimun.

Selain itu, Herman menjelaskan Untuk dapat menentukan juara dari aksi burung-burung dari beragam kategori ini, dilihat dari irama atau lagu yang dikeluarkan dan volume dari masing-masing burung .

"Selain itu kita juga memperhatikan  fisik dari burung itu sendiri,"kata
Marza.

Dalam lomba kicau ini, setiap burung peserta diberi waktu masing-masing 15 menit untuk mempertontonkan kehebatanya. Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran antara Rp50 rbu hingga Rp100 ribu.

"Sedangkan untuk hadiah, panitia menyediakan dana pembinaan dan piagam untuk juara 1-5 dan kategori 1-3," ujar Marza tanpa menberitahukan berapa jumlah dana yang diterima masing-masing pemenang.

Selain itu, Marzan mengatakan diakhir lomba kicau burung ini, nantinya akan diundi dan hanya 15 peserta yang berhak mendapatkan voucher belanja di Botania sebesar Rp100 ribu dan hadian berupa payung.

"Vocer dan puyung ini bagian dari bantuan yang diberikan Vanindo Cipta Properti," terangnya sambil tersenyum.

Pengamatan batamtodayu di lokasi kicau burung ini, para pemilk burung yang dipertandingkan, berteriak bersuara selayaknya suara burung agar burung yang diperlombakan lebh agresif berbunyi, bernyany dan bergerak.

Febri, salah seorang peserta yang mempunyai burung Murai Batu yang diberinama Galang,  merasa bangga, pasalnya dua kali dirinya mengikikuti festival kicau burung, dua kali juga Galang merah juara pertama.

"Senang kali, karena ini yang kedua kali saya tampilkan Galang, dua kali juga Galang menang sebagai juara pertama," bangga Febri.