Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelabuhan Ferry Batam Center, Banyak Sampah
Oleh : Ali/TN
Minggu | 08-05-2011 | 13:48 WIB
sampah.jpg Honda-Batam

Sampah bertumpuk dan berserakan di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center, gambar diambil Sabtu 7 Mei 2011. (Foto: Ali).

Batam, Batamtoday - Penampilan Pelabuhan Ferry Internasional, di kawasan Batam Center,  semakin hari semakin suram dan terkesan kumuh. Sampah tampak berserakan di sekitar pelabuhan dan menimbulkan bau tidak sedap.

Pantauan batamtoday di pelabuhan internasional tersebut, Sabtu 7 Mei 2011, tampak sampah bertumpuk dan berserakan di tempat-tempat sampah yang ada di pelabuhan tersebut. Sampah tidak segera diangkut sehingga menumpuk, dan juga berserakan menimbulkan pemandangan jorok dan kumuh.

"Huh bau kali sampah itu," kata Benny (35) pengunjung pelabuhan saat memarkirkan sepeda motornya  di lokasi parkiran pelabuhan Internasional ini, Sabtu 7 Mei 2011.

Karena bau yang sangat menyengat membuat Benny mual dan muntah. Sambil mengeluarkan saputanganya, dia mengutuki pengelolaan pelabuhan yang tidak profesional.

"Katanya pelabuhan internasional. koq sampah dimana-mana, mana bau lagi." kata Benny warga Cikitsu ini.

Maria, pengunjung lainya, juga menilai pengelola pelabuhan tidak mampu menjaga citranya sebagai pelabuhan internasional.

"Yaa, pelabuhan ini kan pintu gerbang Batam, bahkan Indonesia, tetapi koq kaya begini cara mengelolanya," tandas Maria.

Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center ini adalah pelabuhan penyebrangan internasional yang menghubungkan kota Batam dengan Pelabuhan Harbour Front, Singapura dan juga pelabuhan Stulang Laut dan Pasir Gudang, Johor , Malaysia.

PT Sinergi Tarada selaku pengelola Pelabuhan ferry Internasional Batam Center ketika dihubungi menolak memberikan keterangan soal pengelolaan sampah di pelabuhan Internasional ini.