Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lantai Rumah Kastara, Bisa buat Goreng Telor
Oleh : Ali/TN
Sabtu | 07-05-2011 | 15:51 WIB
cendana.jpg Honda-Batam

Sebidang lantai teras rumah Kastara mengeluarkan uap panas sehingga menjadi tontonan warga, dan bidang lantai tersebut dipasangi police line, agar warga tidak mendekat. (Foto: Ali).

Batam, Batamtoday - Sebuah rumah di komplek perumahan Cendana, Batam Centre, tepatnya di Blok F16/12A, mengeluarkan uap panas, sehingga pemilik rumah melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian dan juga kepada pihak Bapedalda Kota Batam, Sabtu 7 Mei 2011.

Pemilik rumah, Kartasa, mengatakan pada pagi hari, sekitar pukul 11.00 WIB, menyapu lantai teras rumahnya. Namun tiba-tiba dia merasakan lantai cukup panas, pada awalnya dia berpikir ini panas karena cuaca. Namun akhirnya dia berpikir, tidak mungkin hingga sepanas ini.

Lalu dia pergi ke dapur dan membawa 4 buah telur mentah untuk menge-tes panasnya lantai. Telur tersebut dipecahkan dan ditumpahkanya ke atas lantai. Kartasa sungguh tidak menyangka, telur tersebut matang tidak lama kemudian, karena panasnya lantai. Karena itulah akhirnya dia melaporkan kasus ini kepada pihak Bapedalda Kota Batam.

Kiagus Rozali, salah seorang petugas dari Bapedalda Kota Batam, kepada batamtoday di kediaman Kartasa mengatakan, fenomena ini adalah fenomena alam biasa. Namun dia belum bisa menyimpulkan, apakah lantai rumah tersebut panas karena ada dorongan uap gas dari bawah tanah.

"Kita belum tahu, Tetapi kejadian ini kurang lebih sama, seperti kejadian di daerah Bengkong beberapa waktu lalu, yang juga ada mengeluarkan air panas," kata Kiagus.

Saat ini belum diketahui apa penyebab timbulnya uap panas pada lantai berukuran 50 Cm X 100 Cm itu.

Untuk sementara di lokasi kejadian dipasang police line, dan kepada pemilik rumah diminta berhati-hati dan jangan sembarangan menyalakan korek atau api.