Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Bangunan Tertangkap Basah Curi Besi Tua
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 21-12-2013 | 15:45 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pria berinisial YD (17) warga asal Medan yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan tertangkap basah sedang membawa besi tua hasil curiannya di Perumahan Devin Premiere, Kecamatan Sekupang.

Aksi itu terbilang nekat, pasalnya YD melakukan pencurian pada siang bolong sekitar pukul 12.10 WIB. Dia mengaku, hasil pencurian besi tua tersebut dijual kepada penjual besi tua di Batuaji yang dijual dengan seharga Rp10 ribu per batangnya.

"Dalam sekali melakukan saya dapat Rp70-100 ribu," kata YD kepada BATAMTODAY.COM.

Informasi yang berhasil dirangkum di lapangan, pelaku yang tidak jelas tempat tinggalnya ini mengaku, saat mengambil besi tua dirinya dibantu oleh temannya berinisial KY yang kini buron.

Naas bagi YD perbuatan yang dilakukannya dipergoki sekuriti yang saat itu tengah melakukan ronda keliling karena curiga dengan gerak gerik YD yang membawa besi tua pelakupun di berhentikan oleh sekuriti untuk ditanyakan barang apa yang sedang dibawanya.

"Waktu saya keliling saya lihat pelaku membawa karung putih dan saya pun menanyakan kepada pelaku barang apa yang dibawa," ujar Hasan, sekuriti perumahan sambil mengatakan kalau aksi pencurian besi tua sudah berulang kali.

Lantas pelaku tak menjawap apa yang ditanyakan sehingga ia membuka paksa karung tersebut, alangkah terkejutnya dirinya karena melihat isi dalam karung tersebut adalah besi batangan.

"Saya langsung tahan dia di pos sekuriti saat tahu barang bawaan pelaku adalah hasil curian," ujar Hasan.

Hasan pun langsung melaporkan kejadian ini ke RT dan RW setempat sehingga pelaku dan barang curian ke Mapolsek Sekupang dan melaporkan hal ini kepada pihak berwajib, kini kasusnya masih dalam penyelidikan Mapolsek Sekupang.

Editor: Dodo