Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awasi Portofolio Anda dengan Kartu AKSes
Oleh : Dodo
Kamis | 05-05-2011 | 16:53 WIB
Kartu-AKSes.gif Honda-Batam

Kartu AKSes - Margaret Mutiara Tang, Direktur KSEI, Nico Omer Jonckheere, Vice President Research and Analyst PT Valbury Asia Securities dan Adrian Maulana, Duta Kartu AKSes saat melakukan sosialisasi manfaat Kartu AKSes bagi investor di Pontianak, Kamis, 5 Mei 2011. (Foto: Istimewa)

Batam, batamtoday – Peluncuran Kartu AKSes oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selain sebagai menciptakan transparansi informasi dan penerapan Good Corporate Governance pada industri pasar modal Indonesia, juga dapat digunakan para investor untuk mengawasi portofolio efeknya yang dipayungi dengan produk hukum berupa Peraturan Bapepam-LK Nomor V.D.4.

“Sebagai salah satu pihak yang berwenang menetapkan regulasi dalam pasar modal Indonesia atau sering disebut Self Regulatory Organization (SRO), KSEI terus berupaya meningkatkan citra pasar modal Indonesia yang transparan dan terpercaya," kata Margaret Mutiara Tang, Direktur KSEI dalam rilis kepada batamtoday, Kamis, 5 Mei 2011.

Margaret mengatakan Kartu AKSes yang merupakan sarana informasi yang diberikan kepada investor, untuk secara online mengakses dan memonitor data posisi Efek serta catatan kepemilikan dana yang disimpan investor dalam Sub Rekening Efek di KSEI. Kartu AKSes merupakan hak investor dan Perusahaan Efek wajib memfasilitasi proses pembuatannya.

Manfaat nyata Kartu AKSes, lanjut Margaret, dapat langsung dirasakan oleh investor seiring dengan kebijakan Bursa Efek Indonesia yang menerapkan penggunaan Identitas Tunggal Investor (Single Investor ID) dalam seluruh kegiatan pasar modal Indonesia pada tahun 2012.

Margaret menyatakan Kartu AKSes merupakan rintisan Single Investor ID tersebut, karena telah memuat nomor Single Investor ID di dalamnya. Selain itu, Kartu AKSes dapat menjadi sarana pengawasan portofolio Efek yang terintegrasi. Cukup dengan memiliki satu Kartu AKSes, investor dengan memanfaatkan fitur cross link-nya secra terkonsolidasi dengan mudah dapat memonitor catatan kepemilikan Efek yang dimilikinya berupa saham, obligasi dan lain-lain yang disimpan melalui beberapa Perusahaan Efek dalam beberapa Sub Rekening Efek di KSEI.

Sementara itu, Nico Omer Jonckheere, Vice President Research and Analyst PT Valbury Asia Securities mengatakan seiring dengan diberlakukannya kebijakan BEI tersebut perusahaan sekuritas diwajibkan memberikan Kartu AKSes kepada nasabahnya untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan dalam bertransaksi.

"Investor tidak perlu khawatir lagi mengenai penggunaan dananya atau kepemilikan sahamnya karena dapat memonitornya secara secara langsung. Oleh karena itu, investor disarankan untuk memanfaatkan fasilitas ini secara baik- baik dan mengecek portfolionya secara regular. Mari kita sama-sama membangun pasar modal yang transparan, profesional dan berkualitas," tutur Nico.

Senada dengan Nico, Adrian Maulana, Duta Kartu AKSes, mengatakan Dengan Kartu AKSes, investor tidak lagi harus bergantung pada laporan yang dikeluarkan Perusahaan Efek. Investor dapat melakukan pengawasan secara mandiri dengan melakukan pengecekan secara berkala melalui Kartu AKSes. Fasilitas ini menyediakan catatan transaksi dan mutasi portofolio Efek yang tersimpan dalam sub Rekening KSEI selama 30 hari terakhir. Saat ini dana tunai pun sudah dapat dicek melalui Kartu AKSes.

“Selain itu, KSEI terus berupaya mempermudah penggunaan Kartu AKSes melalui fasilitas-fasilitas yang dimiliki investor, misalnya fitur Mobile AKSes yang akan dapat digunakan di perangkat BlackBerry.” lanjut Adrian mengomentari inovasi-inovasi yang dilakukan KSEI.

Kartu AKSes merupakan wujud perlindungan investor yang memberikan citra positif terhadap industri pasar modal Indonesia. Sebagai sebuah rintisan Single Investor ID, Kartu AKSes yang diterbitkan oleh KSEI diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi terciptanya kepercayaan investor untuk lebih giat berinvestasi di pasar modal Indonesia. Untuk informasi dan pengaduan seputar Kartu AKSes dapat menghubungi Call Center (021) 515.2855, Toll Free 0800.186.5734 atau melalui email: akses@ksei.co.id.