Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Delapan Baterai Tower AXIS di Tanjungpiayu Batam Dicuri
Oleh : Berton Siregar
Rabu | 11-12-2013 | 17:08 WIB
IMG02200-20131211-0817.jpg Honda-Batam
Baterai dari tower AXIS yang ditinggalkan pelaku.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelanggan operator seluler AXIS di Tanjungpiayu, Batam, nyaris saja tak bisa berkomunikasi. Delapan buah powerbank atau baterai cadangan pada tower AXIS di Bukit Kemuning, Tanjungpiayu, dicuri.

Beruntung baterai-baterai berukuran besar tersebut dapat ditemukan kembali oleh anggota Polsek Seibeduk yang langsung melakukan penyisiran di sekitar lokasi, Rabu (11/12/2013). Baterai tersebut ditinggal pelaku yang tidak sempat membawanya. Diduga akibat kesiangan atau tidak memiliki kendaraan pengangkut.

Baterai yang satu buahnya memiliki berat sekitar 25 kilogram tersebut pertama kali ditemukan Agus, salah seorang warga. Pagi itu ia baru saja pulang mengantar istrinya bekerja di Batamcenter, dan hendak pulang kembali ke rumahnya di kawasan Bida Ayu.

Untuk kembali ke rumah, ia melewati jalan raya Bukit Kemuning. Begitu sampai di tanjakan jalan raya itu ia melihat tumpukan benda yang ada di pinggir jalan tersebut. 

Karena curiga, ia pun kembali. Awalnya dia tak menyangka benda aneh itu adalah baterai. "Saya pikir kotak-kotak uang ATM. Bentuknya sama," ungkapnya polos.

Sementara itu, untuk menjalankan aksinya itu, pelaku diduga tak sendiri. Pasalnya, dekat tower ada jejak yang digunakan pelaku untuk memantau keadaan. 

Dari situ arah pandangan mata terlihat jelas mengarah ke jalan. Jika ada orang yang bergerak ke arah tower sangat terlihat jelas.

Selain itu di pinggir jalan tempat baterai tersebut ditemukan juga didapati jejak pelaku. Ilalang yang ada di tempat tersebut juga rebah. Di situ terlihat jejak dua orang yang lagi bersembunyi. Diduga mereka sedang menunggu kendaraan yang akan mengangkut baterai tersebut.

Tak hanya baterai, ditemukan juga kabel tembaga di lokasi, yang diduga berasal dari tempat yang sama. Kabel berwarna hitam merah tersebut diperkirakan memiliki berat sekitar dua kilogram.

Tak jauh dari lokasi baterai ditemukan, polisi juga menemukan linggis yang diduga digunakan pelaku untuk beraksi. Dekat linggis ada sebuah sandal yang diduga juga milik pelaku. Barang-barang tersebut kemudian diamankan dan dibawa ke Polsek Seibeduk.

Kapolsek Seibeduk, AKP Zalukhu, mengatakan masih menyelidiki kasus tersebut. "Masih lidik," ungkapnya. (*)

Editor: Dodo