Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Kecelakaan

Warga dan Satlantas Timbun Jalan Berlubang di Batu Ampar
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 04-05-2011 | 17:16 WIB
laka_2.jpg Honda-Batam

Inisiatif - Warga dan petugas Satlantas tampak sedang menimbun jalan yang rusak di Jalan Duyung samping Polsekta Batu Ampar, Rabu, 4 Mei 2011 (Foto: Hendra Zaimi)

Batam, batamtoday - Mengantisipasi kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan terjadi akibat jalan berlubang di Jalan Duyung, tepatnya disamping Polsekta Batu Ampar, warga setempat dengan Satuan Lalu Lintas Polresta Barelang mengambil inisiatif menimbun jalan berlubang dengan menggunakan tanah dan batu, Rabu, 4 Mei 2011 sekitar pukul 09.00 WIB.

"Kami sangat resah dengan jalan berlubang ini, makanya kita mengambil inisiatif untuk menimbunnya dangan bekerjasama secara swadaya," kata Tito, salah satu warga kepada batamtoday.

Tito menambahkan, warga sekitar sangat kecewa karena sudah bertahun-tahun lamanya jalan tersebut selalu berlubang dan rawan terjadi kecelakaan. Menghindari hal yang tidak diinginkan kami berinisiatif melakukan tindakan ini biar mata pejabat di Pemerintah Kota (Pemko) Batam melihat dan mengetahui ini.

"Apa walikota dan para pejabat berwenang tidak mengetahui ini, apa yang mereka tahu hanya kepentingan mereka saja. Pada saat kampanye banyak yang dijanjikan setelah menjabat lupa semua apa yang diomongkannya itu," ujar Tito dengan nada kesal.

Selain warga, petugas dari Satlantas Polresta Barelang ikut bersama-sama bergotong royong menimbun jalan. Solidaritas yang diberikan petugas polisi sangat diapresiasikan oleh warga tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada bapak polisi yang turut membantu dan kerjasama yang dilakukan dapat bermanfaat bagi para pengguna jalan di sini," lanjutnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Melda Yani mengatakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di Batam adalah jalan berlubang.

"Salah satu faktor penyebab kecelakaan di Batam karena jalannya yang kurang bagus, kami memberikan apresiasi kepada warga yang berinisiatif menimbun jalan berlubang tersebut, setidaknya meminimalisir terjadinya kecelakaan," kata Melda.

Selain itu, Jajaran Satlantas Polresta Barelang tidak bosan-bosannya menghimbau kepada pengguna jalan raya untuk selalu tertib berlalu lintas pada setiap acara sosialisasinya untuk meminimalisir angka kecelakaan.