Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terdengar Hingga Radius 2 KM

Magrib, Ketel Uap Pabrik Coklat Meledak
Oleh : Dodo/TN
Selasa | 03-05-2011 | 20:13 WIB

Batam, batamtoday - Menjelang magrib, ketel uap pabrik coklat PT Asia Cocoa Indonesia di kawasan Industri Tunas, Batam Centre, tiba-tiba saja meledak, dan mmengagetkan warga di sekitar kawasan Industri Tunas, batam Center. Suara ledakan cukup keras dan terdengar hingga radius 2 KM.

Warga sekitar yang sedang bersiap-siap melaksanakan ibadah sholat magrib, sangat terkejut dan mereka mencari tahu, suara ledakan apa itu, dan berasal dari mana. Bom?

Sarjono warga perumahan PLN yang datang ke tempat kejadian, kepada batatoday mengatakan, suara ledakan terdengar sangat keras, dan bunyi suara ledakan seprti petir,

"Suaranya keras sekali, terdengar seperti petir, mas," kata Sarjono di lokasi kejadian.

Tidak perlu waktu lama, warga sekita pun berkerumun di depan pabrik PT Asia Cocoa Indonesia setelah dipastikan ledakan berasal dari dalam pabrik coklat tersebut. Warga Bukti Palm Permai, warga perumahan PLN dan Perumahan KDA yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi pabrik segera saja datang ke lokasi kejadian.

Namun demikian, apa penyebab kebakaran belum diketahui pasti, juga mengenai kemungkinan adanya korban. Pihak manajemen pabrik PT Asia Cocoa Indonesia, menolak memberi komentar, bahkan lewat sekuritinya menghalau wartawan yang ingin masuk dan mengambil gambar kebakaran.

Para wartawan sempat bersitegang dengan para petugas sekuriti, karena tindakan tidak etis yang dilakukan para satpam pabrik dari anak perusahaan Guan Chong Bhd ini.

Kapolsek Batam Kota AKP Heriyana kepada wartawan mengatakan, suara ledakan tersebut berasal dari satu unit ketel upa yang meledak.

"Tidak ada apa-apa, itu hanya ledakan biasa saja," kata Heriyana, namun dia sendiri tidak bisa menjelaskan sebab-sebab terjadinya ledakan.

Dan dia juga masih enggan menjawab soal ada atau tidaknya korban dalam ledakan tersebut, mengingat ledakan terjadi ketika mesin ketel uap sedang beroperasi atau menyala. Apakah pada saat ledakan, ada pekerja yang sedang mengoperasi mesin ketel uap tersebut?