Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Kampanye Penggunaan Kondom di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Senin | 02-12-2013 | 17:06 WIB
kondom.jpg Honda-Batam
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan tidak akan ada Kampanye Kondom di Tanjungpinang. Akan tetapi akan ada pendampingan kepada kelompok berisiko tinggi seperti PSK dan Pelanggannya.

Kegiatan tersebut sejalan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia, dan kegiatan tersebut kata, Rustam akan dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait dan relawan kelompok dukungan sebaya agar mereka yang berisiko tinggi tersebut menggunakan kondom pada saat bekerja.

"Kampanye Kondom tidak ada d Tanjungpinang, Kita akan mengadakan kegiatan sosialisasi, hal ini bukan dikarenakan Hari AIDS, tapi memang sejalan karena akan dilakukan secara rutin. Bahwa PSK dan pelanggan itu merupakan orang yang berisiko tinggi terkena AIDS, jadi melalui LSM kita dampingi dan ingatkan mereka agar menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks," tutur Rustam dalam pesan singkat yang dilayangkan kepada warawan, Senin (2/12/2013).

Terkait Kampanye Kondom yang marak di pemberitaan nasional, memang membuat kalangan pendidik dan orang tua di Tanjungpinang merasa terganggu dan mengaku tidak setuju jika hal tersebut dilakukan di sekolah-sekolah.

Akan tetapi, Rustam menegaskan bahwa Kampanye Kondom tidak akan dilakukan di Tanjungpinang.

"Untuk pelajar kita hanya melakukan kegiatan penyuluhan aku bangga aku tahu (ABAT) bukan kampanye kondom," tutur Rustam.

Sementara itu, dari Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Ludi, pihaknya mengaku belum mendapatkan surat resmi dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan kampanye tersebut.

"Di Kepri belum tahu apakah melakukan atau tidak, karena kita belum mendapatkan surat resmi untuk hal itu," tutur Ludi.

Editor: Dodo