Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gergaji Teralis, Dua Tersangka Narkoba Kabur dari Rumah Tahanan Polda Kepri
Oleh : Ali
Senin | 02-12-2013 | 14:01 WIB
tahanan kabur polda kepri.jpg Honda-Batam
Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Kepri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua orang tersangka narkotika berhasil melarikan diri dari Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Kepri pada Senin (2/12/13) sekitar pukul 02.20 WIB. Menggunakan gergaji besi, ER dan SDM berhasil kabus setelah menggergaji teralis ventilasi ruangan tahanan.

Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Kepri, AKBP Budhy Wibowo yang ditemui BATAMTODAY.COM membenarkan peristiwa tersebut. "Iya memang ada (tahanan kabur). Pada saat hujan lebat pagi tadi sekitar pukul 2.20 WIB. Sekarang masih kita buru," ujarnya. 

Menurutnya, kedua tersangka diketahui tidak berada di dalam sel dini hari tersebut saat  salah seorang dari empat petugas yang tengah piket jaga berkeliling untuk mengecek keberadaan para tahanan.

"Setelah dicek anggota, teralis ventilasi angin yang berada di balik ruang tahanan sudah lepas terpotong. Dugaan kita digergaji, yang diperoleh dari pembesuk,"  kata Budhi Wibowo kembali.

Dugaan sementara, tambahnya, setelah berhasil keluar dari jendela teralis tersebut, keduanya berusaha turun dari lantai 3 menggunakan kain sarung yang sehari-hari digunakan tersangka.

Wibowo mengatakan hingga Senin siang, petugas Dit Tahti masih terus melakukan pencarian dua tersangka tersebut. Bukan hanya melacak keberadaan keduanya, polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap keluarga dua tersangka.

"Kita masih dalami terkait gergaji yang digunakan tersangka untuk memotong teralis itu. Sudah pasti, gergaji itu dibawa oleh keluarga yang datang membesuk," katanya.

Kedua tersangka, ditahan dalam kasus yang sama, yakni narkotika. "Sama- sama narkoba, tapi jenis barang bukti dan waktu penangkapannya berbeda. Hanya saja, di dalam mereka dijadikan satu," kata dia lagi.

Sementara itu, terkait kelalaian 4 petugas yang menyebabkan dua tersangka narkotika berhasil melarikan diri, pihak Propam Polda Kepri tengah melakukan pemeriksaan internal terhadap keempatnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, ventilasi teralis ruangan kedua tahanan narkotika itu berada di pojok Gedung Mapolda Kepri, tepatnya di atas ruangan Ditreskrimum Polda Kepri atau depan Masjid Al-Alim.

Tampak dari kejauhan, dari 4 batang besi yang berjejer tegak, dua diantaranya sudah hilang. Tersangka yang berdua dalam satu sel, mencoba keluar dari celah besi yang sudah dipotong.

Editor: Dodo