Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Hujan Deras, Keberangkatan Kapal di PDS Tak Ada Penundaan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 21-10-2013 | 10:03 WIB
kabut-asap-sekupang......jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca di pagi hari yang diguyur hujan membuat aktivitas masyarakat Batam terhambat. Namun hal ini tidak untuk di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dimana tak ada penundaan keberangkatan kapal meski hujan lebat melanda pada Senin (21/10/2013).

Kepala Syabandar Pelabuhan Domestik Sekupang Yovan Sihaan membenarkan kalau di Pelabuhan Sekupang dilanda hujan yang sangat deras, namun tidak membuat jadwal keberangkatan ditunda.

"Speed boat tetap tancap gas meskipun hujan deras dan tidak ada jadwal yang ditunda maupun diundur karena hujan," ujar Yovan kepada BATAMTODAY.COM saat dihubungi melalui ponselnya.

Menurut Yovan, hujan yang melanda Kota Industri ini tidak disertai angin kencang maupun gelombang laut yang kencang, melainkan hanya hujan saja. "Kalau hujan deras saja tidak ada masalah untuk trasportasi laut sehingga kapal diizinkan berlayar," kata dia.

Dengan begitu, lanjut Yovan, keberangkatan speed boat tujuan Buton dengan menggunakan Express 01 berangkat pada jadwal yang sudah ditentukan yaitu pukul 7.30 WIB. Sementara tujuan Dumai dengan menggunakan kapal Batam Jet dan Dumai Line berangkat sekitar pukul 08.00 WIB.

"Meskipun kapal diizinkan untuk berlayar kita tetap mengintruksikan kepada kapten agar mengurangi kecepatan kapalnya dan menyalakan lampu navigasi," pungkasnya.

Editor: Dodo