Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kurangi Penderita Diabetes, Malaysia Naikkan Harga Gula
Oleh : Redaksi
Senin | 23-09-2013 | 09:03 WIB
gula_pasir.jpg Honda-Batam
Ilustrasi gula.

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Jumlah penderita diabetes di Malaysia cukup besar, mencapai 15 persen dari total jumlah penduduk, atau sekitar 2,6 juta orang. Pemerintah Malaysia mencanangkan pengurangan subsidi harga gula untuk menekan angka penderita diabetes.

"Ini semua terjadi karena rakyat kita tidak mengontrol penggunaan gula dalam makanan dan minuman," kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr S Subramaniam, seperti dilansir Bernama.

Menurutnya, penyakit diabetes menjadi masalah besar bagi negara karena penderitanya berisiko mengidap penyakit lain, seperti masalah penglihatan dan penyakit ginjal. Sejauh ini, dilaporkan sebanyak 16.000 orang penderita ginjal tercatat dalam daftar tunggu untuk mendapatkan transplantasi itu dari donor yang rata-rata hanya ada sebanyak 40 hingga 50 orang per tahun.

Dia juga menyarankan agar pemilik toko makanan dan minuman tidak mencampurkan gula dalam minuman yang dipesan pelanggan, tetapi menempatkan gula dalam wadah terpisah. Dengan demikian, pelanggan bisa membuat pilihan apakah menggunakan gula atau tidak. (*)

Editor: Dodo