Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Hentikan Subsidi Solar untuk Ratusan Kapal Nelayan
Oleh : Redaksi
Senin | 16-09-2013 | 12:40 WIB
nelayan-2.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia telah menghentikan pemberian soal bersubsidi kepada 208 kapal milik nelayan lokal yang terbukti disewakan kepada nelayan Vietnam.

Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, mengatakan, keputusan itu dibuat dalam pertemuan dengan otoritas terkait pada 9 September lalu.

Selain itu, 170 ABK warga negara asing turut ditahan, dan 24 kapal ditahan untuk pemeriksaan kerana dipercayai dikemudikan nelayan asing. 

"Dari sejumlah kapal ayng ditahan itu itu, izin 17 kapal terancam dibatalkan karena melakukan berbagai kesalahan," kata Ismail Sabri, seperti dilansir Bernama, hari ini.

Pengusaha kapala nelayan lokal yang dibatalkan izinnya kerana menyewakan kapal mereka kepada nelayan Vietnam, tidak diperbolehkan mengajukan permohonan karena sudah di-black list.

Ismail Sabri menambahkan, pemerintah juga tidak lagi mengeluarkan izin untuk kapal bekas nelayan Vietnam yang dibeli oleh pengusaha lokal. "Keputusan ini sudah disetujui kabinet dan ini dilakukan untuk menjaga kepentingan nelayan tempatan," tegasnya.

"Kita tidak bisa lagi mentolerir karena insiden sebelumnya yang jelas mengancam keselamatan nelayan lokal. Soal keamanan dan kesejahteraan nelayan lokal selalu diprioritaskan oleh pemerintah," imbuhnya.

Pada 2 September lalu, terjadi perkelahian antara nelayan lokal dan nelayan Vietnam, sekitar 30 mil dari Kuala Pahang, Pahang. Perkelahian itu dipicu kemarahan nelayan lokal akibat ulah nelayan Vietnam yang merusak keramba ikan milik nelayan lokal. (*)

Editor: Dodo