Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telur Bebek dan Telur Puyuh Bisa Jadi Pengganti Telur Ayam
Oleh : Redaksi
Senin | 26-08-2013 | 14:13 WIB
telur puyuh.jpg Honda-Batam
Telur puyuh.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Konsumsi telur dianjurkan setiap hari, guna memenuhi asupan protein harian. Jenis telur yang populer adalah telur ayam. Padahal jenis telur lainnya juga tak kalah bernutrisi seperti halnya telur ayam.

Di pasar swalayan, beragam jenis telur tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Seperti enam jenis telur berikut ini yang juga bisa dikonsumsi.

1. Telur ayam

Telur ayam adalah jenis telur yang sering dikonsumsi. Bentuknya bulat lonjong dan kulit telur berwarna kecokelatan. Bisa diolah dengan digoreng, rebus atau jadi campuran makanan seperti omelet, mie rebus dan nasi goreng.

2. Telur kalkun

Jenis telur yang satu ini agak sulit ditemukan. Biasanya dijual pada supermarket besar dan menjual bahan makanan impor. Nilai gizi dan rasa dari telur kalkun sangat mirip dengan telur ayam, namun ukurannya lebih besar.

3. Telur bebek

Putih telur bebek  mengandung banyak protein, sedangkan bagian kuning telur tinggi lemak. Sering digunakan sebagai pengganti telur ayam dalam resep masakan. Meski kulitnya cenderung tebal dan berwarna kebiruan.

4. Telur angsa

Beda lagi dengan telur angsa yang ukurannya cenderung besar atau seukuran telapak tangan. Kadar lemaknya lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam. Tak heran jika telur ini bisa memperkaya rasa masakan, sayangnya jenis telur ini tak cocok jika digoreng.

5. Telur burung unta

Telur burung unta juga jarang ditemui, biasanya telur cenderung dilestarikan untuk dibudidayakan. Telur yang dihasilkan dari burung unta ukurannya sangat besar, dan berkulit tebal. Tak heran jika harus menggunakan palu untuk membuka telur ini.

6. Telur puyuh

Telur puyuh banyak digemari, apalagi bentuknya yang mungil sering jadi isian sayur sop atau sambal goreng. Jenis telur ini juga bisa dijadikan pengganti telur ayam, tapi kurang cocok jika digoreng karena sajian telur gorengnya menjadi sangat kecil.

Sumber: food.detik.com