Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Penipuan Belanja Online Menonjol di Tanjungpinang
Oleh : Agus
Selasa | 23-07-2013 | 14:57 WIB
penipuan online.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kasus penipuan melalui media online mulai menonjol di Tanjungpinang. Terbukti, warga mulai ramai melaporkan kasus-kasus penipuan melalui penjualan online tersebut.


Kapolres Tanjungpinang AKBP, Patar Gunawan SIK, mengakui, jelang Ramadhan, kasus penipuan dengan modus belanja online meningkat di Tanjungpinang. "Yang menonjol saat ini banyak warga yang melaporkan kasus penipuan akibat berbelanja melalui media online," terang Kapolres, Selasa (23/7/2013).

Menurut Patar, penyebab terjadinya penipuan tersebut karena transaksinya demikian mudah. Tinggal menelepon atau berkirim SMS, pasang barang di media online, muat dan transaksi dilakkan.

Sementara warga sendiri terlalu mudah terpengaruh dengan tren belanja online yang menawarkan belanja murah. Padahal belum diketahui lokasi kantor, perusahaan, pemilik dan alamat, tiba-tiba menelpon atau SMS, BBM.

"Pelaku dengan mudah mengirimkan nomor rekening kepada korbannya agar dapat dikirimkan sejumlah uang sebelum barang dikirim kepada korban," terang Kapolres.

Kapolres enggan membeberkan korban-korban dan total kerugian yang diderita, karena laporannya langsung ke Polda Kepri. "Banyak para korban penipuan melapor ke Polda, tapi TKP paling banyak di Tanjungpinang," terang Kapolres.

Karena itu, Kapolres mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan modus penjualan barang murah dengan via internet tanpa mengetahui kantor dan orang yang menjual secara 
langsung. (*)

Editor: Dodo