Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

80 Dewan Hakim Pelototi Kualitas dan Mutu Qori-Qoriah di STQ III
Oleh : Andri Arianto
Jum'at | 01-04-2011 | 17:41 WIB
Dewan_Hakim_80.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dewan Hakim - 80 orang dewan hakim yang dilantik Buralimar, Assisten Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam. (foto:ist)

Batam, batamtoday - Sedikitnya 80 orang dewan hakim akan mengawasi peserta qori-qoriah yang akan berkompetisi pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ III Tingkat Kota Batam selama tujuh hari di pelataran parkir Aviari Plaza Kecamatan Batu Aji.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag-Humas) Pemko Batam, Salim mengatakan agenda pembukaan STQ III yang akan digelar Jum'at 1 April 2011 malam nanti itu secara resmi akan dibuka Walikota Ahmad Dahlan.

"Syiar agama menjadi penting untuk kemaslahatan umat, jadi masyarakat jangan sampai tidak hadir pada acara pembukaan," kata Salim mengingatkan.*

Dikatakannya, penilaian yang objektif kepada peserta, menjadi tanggung jawab pelaksana yakni Pemko Batam. Oleh sebab itu, telah disiapkan 80 orang Dewan Hakim oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam H.Buralimar, M.Si atas nama Walikota Batam untuk melototi kualitas dan mutu qori-qoriah.

Pengangkatan Dewan Hakim ini, tambah Salim berdasarkan SK Walikota Batam No KPTS 66/HK/III/2011. Dewan Hakim yang dilantik adalah mereka yang profesional dan berpengalaman dibidangnya dan bertugas untuk memberikan penilaian secara obyektif, jujur dan adil kepada peserta masing-masing cabang yang diperlombakan.

Acara nanti, ungkap Salim akan dimeriahkan dengan oleh penampilan seluruh peserta yang akan tampil pada saat parade defile khafilah pada upacara pembukaan, tari persembahan dan atraksi kesenian. Pada sore harinya, juga akan dilakukan pembukaan bazaar oleh ketua PKK Kota Batam, Ibu Mariana Ahmad Dahlan. Bazaar akan diikuti oleh stand dari Kecamatan dan pelaku usaha mikro yang ada di kota Batam.

STQ ke III kali ini akan memperlombakan lima cabang sesuai dengan aturan dari LPTQ pusat yaitu cabang  tartil yang diikuti oleh 24 peserta, cabang Tilawah yang dibagi dalam 3 kategori, anak-anak, remaja dan dewasa yang masing-masing diikuti oleh 24 peserta. Untuk cabang Qiraat juga diikuti oleh 24 peserta puta dan putri, begitu pula dengan cabang Hifzil Quran dan Tafsir. Dengan total peserta dari seluruh kecamatan se kota batam berjumlah 264 peserta. Selain itu untuk memeriahkan acara, juga akan diperlombakan cabang rebana.