Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Air Tebu Dingin, Pelepas Dahaga di Musim Panas
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 01-04-2013 | 17:19 WIB

KARIMUN, batamtoday - Cuaca panas di Karimun beberapa minggu ini ternyata memberikan manfaat tersendiri bagi usaha air tebu. Sebab di samping rasanya yang segar, harga air tebu tergolong murah.

Pedagang air tebu, Windo kepada batamtoday, Senin (1/4/2013) di Kapling merasa bersyukur dengan cuaca yang terik ini. Sebab dagangannya bisa laris manis sehingga menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan.

"Lumayanlah bang, biasanya hanya laku beberapa batang saja. Tapi sekarang ini saya malah kerepotan mencari bahan baku tebunya. Sebab sudah banyak yang ikutan jual air tebu selama musim panas ini," terangnya

Lebih jauh Windo menjelaskan, per batang tebu itu dibeli dengan harga Rp 2 ribu. Sedangkan satu batang bisa menghasilkan 4 gelas air tebu dan dijual seharga Rp 3 ribu per gelasnya.

"Jenis tebu telur pak yang kami beli, sebab lebih renyah dan lunak kulitnya. Kalau yang merah, kulitnya keras. Mesin kami gak bisa menggilingnya,"terangnya.

Kalau keuntungan terangnya lagi bisa mencapai 3 kali lipat. Biasanya sekali pengambilan tebu, dirinya membeli seharga Rp 70 ribu per ikatnya.

"Alhamdulillah, terkadang kami membeli sampai 3 kali sehari saat musim panas gini. Kalaupun bersisa hanya tinggal beberapa batang saja," ujarnya mengakhiri.

Editor: Dodo