Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manajemen dan Buruh PT PBD Akhirnya Berdamai
Oleh : Arjo
Selasa | 19-03-2013 | 16:15 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Manajemen PT Pulau Bintan Djaya (PBD) dan buruh yang sebelumnya saling melaporkan kepada pihak kepolisian akhirnya memilih jalur kekeluargaan dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Reonald T Simanjuntak mengatakan, masing-masing pihak beberapa waktu lalu melapor ke Polres Bintan, pasca unjuk rasa buruh beberapa waktu lalu. Buruh melaporkan manajemen PT PBD yang dinilai melakukan pelanggaran hukum, sebaliknya manajemen PBD juga melaporkan atas tindakan yang dilakukan oleh buruh.

Namun setelah proses penyelidikan dilakukan oleh Satreskrim Polres Bintan, sebelum bergulir ke proses peradilan, masing-masing pihak menarik laporannya dan memilih penyelesaian permasalahan tersebut melalui jalur kekeluargaan.

"Bisa jadi saat itu mereka, sama-sama terbawa emosi. Padahal masalahnya masih bisa diselesaikan secara bipartit tanpa harus ke tingkat yang lebih tinggi," ujarnya.

Di sisi lain, Reonald juga menjelaskan permasalahan Bintan Lagoon Hotel yang melaporkan buruhnya karena dianggap terlah mencemarkan nama baik perusahaan, sampai saat ini prosesnya masih berlanjut dan masih menunggu keterangan dari saksi ahli.

Editor: Dodo