Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berkibar di Lokasi Tambang PT Wahana

Apri Sebut Bendera Demokrat Bukan untuk Bekingi Tambang Ilegal
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 13-03-2013 | 08:42 WIB
Bendera-Demokrat-di-Tambang-PT.Wahana-milik-Acok-di-Wacopek-Bintan.jpg Honda-Batam
Bendera Partai Demokrat Berkibar di lokasi tambang PT Wahana di Wacopek yang saat ini sudah dicabut.

TANJUNGPINANG, batamtoday -- Bendera Partai Demokrat yang tertancap dan berkibar di lokasi lokasi tambang di bilangan Wacopek, Kabupaten Bintan, disebut Ketua DPD Partai Demokrat, Apri Sujadi, tidak berafiliasi pada aktivitas tambang yang dilakukan sejumlah penambang illegal di daerah tersebut.


Dan menurutnya, bendera partai berlambang bintang mersi itu dipasang salah seroang simpatisan Demokrat karena lokasi tersebut merupakan jalan masyarakat yang dilalui sejumlah dum truck bauksit milik salah seorang penambang.

Apri Sujadi menyampaikan hal itu kepada batamtoday.com saat dikonfirmasi keberadaan bendera Partai Demokrat yang berkibar di lokasi tambang PT Wahana Suksesindo, Selasa (12/3/2013).

"Pertama kami tidak tahu siapa yang masang bendera Demokrat di sana. Dan setelah kami telusuri, ternyata itu dipasang oleh kader kami, di jalan masyarakat yang dilalui mobil bauksit di sana," ujar Apri melalui ponselnya.

Apri yang mengaku sebagai warga lama di Wacopek, mengatakan kalau jarak tiga meter dari tiang bendera tersebut merupakan jalan warga. "Yang kami tahu itu jalan warga, yang dipakai sejumlah penambang, dan tidak ada kaitannya dengan Partai Demokrat," ujarnya lagi.

Disingung hubungannya dengan pengusaha pertambangan yang diduga illegal di lokasi tersebut, bernama Alex dan Aheng, Apri juga berkilah kalau dirinya tidak mengenal kedua orang itu.  

Meski diakuinya kalau saat ini bendera tersebut sudah dicabut dari lokasi semula, namun untuk memastikan bahawa lokasi tiang bendera berada di sisi jalan warga yang digunakan penambang bauksit di Desa Wacopel, Ketua DPD Demokrat Kepri ini juga meminta pada awak media untuk turun melihat secara dekat.

"Kalau ada waktu kita sama-sama turun, kita pastikan dan lihat ke lokasi. Dan memang bukan hanya bendera Demokrat yang ada di sana, bendera partai lain yang juga persis di lokasi pertambangan sebuah perusahaan juga ada, kalau mau lihat," ujar Apri tanpa menyebut bendera partai apa yang berkibar di lokasi pertambangan dimaksud.

Sebelumnya, sebuah bendera Partai Demokrat berkibar berdiri tegak dan berkibar di sudut jalan simpang empat Jalan Wacopek. Sementara di sisi jalan bendera Demokrat berdiri, aktivitas hilir mudik puluhan dum truck pengangkut ribuan ton bauksit milik sejumlah pengusaha penambang illegal, termasuk PT Wahana Suksesindo sedang diangkut ke perusahaan pemilik CnC dan kuota eksport sebagai penadah.

Editor: Dodo