Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Gerakan Pramuka, 10 Kamabiran se-Karimun Dilantik
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 26-02-2013 | 09:26 WIB

KARIMUN, batamtoday - Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq melantik 10 Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) se Karimun, sekaligus membuka secara resmi rapat kerja cabang (rakercab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karimun, Selasa (26/2/2013) di Gedung Nasional Karimun.

Dalam sambutannya, Kakwarcab mengatakan, jabatan camat melekat, menjadi rangkaian program dari kwarcab. Sehingga dengan dimekarkannya Kecamatan Karimun, dengan sendirinya memiliki kamabiran sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, kwarcab juga memberikan bantuan kepada tiga kwartir ranting di Karimun.

"Bantuan yang diberikan itu adalah untuk operasional kakwaran di daerah kerjanya. Sedangkan untuk pembinaan Pramuka, akan dibahas dalam raker kali ini," ujarnya.

Lebih jauh Rafiq menjelaskan bahwa raker yang berlangsung selama 2 hari ini adalah kegiatan tahunan. Sehingga selaku Kakwarcab, dirinya menitipkan beberapa kegiatan untuk tahun 2013 ini.

Sehingga beberapa SKPD diminta dapat mengalokasikan dana melalui dana hibah, untuk menopang kegiatan Pramuka di Karimun seperti Dinas Pendidikan dan Kanpora.

"Dengan adanya instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar Pramuka dimasukkan ke dalam kegiatan sekolah maka setiap sekolah dihimbau membentuk  gugus depan," katanya

Lebih jauh Kakwarcab meminta agar  ulang tahun Pramuka yang ke 52, dimasukkan acara perkemahan pramuka yang dilaksanakan Juni atau Juli nanti. Di samping itu, juga diadakan perlombaan marching band dari masing masing gugus depan dan sekolah lain.

"Kegiatan Parade Senja, setiap tanggal 17 seharusnya diadakan di Perumahan Dinas Bupati. Kegiatan itu melekat di Dispora," katanya

Penyuluhan, katanya lagi, juga harus dimasukkan dalam kegiatan. Nantinya Juara I penyuluhan, akan dibawa ke BNN Pusat, dengan mengunakan dana dari Pramuka.

"Kita berharap pada 2013 ini kegiatan ini dapat lebih terwujud, sebab selama ini, kegiatan seperti itu masih kurang," kata dia mengakhiri

Pantauan batamtoday, acara Raker Kwarcab itu dihadiri 90 peserta dari masing Kuaran di Karimun. Sedangkan acara itu sendiri, dilaksanakan selama 2 hari.

Editor: Dodo