Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Fokus Tangani Banjir di Tanjungpinang
Oleh : ah/dd
Kamis | 14-02-2013 | 16:28 WIB
banjir-tanjungpinang-parah.jpg Honda-Batam
Titik banjir di Kota Tanjungpinang yang cukup parah. (Foto: Agus/btd)

TANJUNGPINANG, batamtoday - Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyatakan dirinyan fokus menangani persoalan banjir yang kerap melanda wilayahnya saat hujan mengguyur.

Kamis (14/2/2013), dengan melepas sepatu serta menggulung celananya, wali kota yang diusung PDI Perjuangan itu turun langsung ke sejumlah lokasi banjir di Tanjungpinang, seperti Gatot Subroto, DI Panjaitan, Ganet dan Suka Berenang.

Dalam kesempatan tersebut, Lis juga menggandeng SKPD terkait pra sarana wilayah untuk melihat kondisi banjir secara langsung. Tak lupa, Dinas Pekerjaan Umum setempat juga mengerahkan alat berat agar dapat melakukan penanganan langsung di lokasi banjir.

Banjir yang terjadi di Tanjungpinang, menurut Lis diawali dari rencana tata ruang kota yang tak matang. Seperti, sejumlah titik padat penduduk yang tidak dilengkapi dengan sistem drainase yang memadai.

"Kita sudah dapat solusi untuk mengatasi banjir ini, tapi butuh waktu. Pembenahan sistem drainase akan kita lakukan secepatnya," kata Lis.

Langkah lain yang akan dilakukan, kata Lis, adalah mengharap peran aktif warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di saluran-saluran air.

"Saya akan wajibkan setiap Sabtu, seluruh warga bersama pemerintah melakukan gotong royong," kata dia.