Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Mangsang Minta Drainase Dipasang Batu Miring
Oleh : kli/dd
Kamis | 14-02-2013 | 11:22 WIB
drainase-mangsang.jpg Honda-Batam
Pengerukan drainase di Mangsang. (Foto: Gokli/btd)

BATAM, batamtoday - Pemasangan batu miring pada drainase yang sudah dikeruk pasca banjir beberapa hari lalu di daerah Mangsang, Kecamatan Seibeduk diminta warga untuk segera dibangun oleh Pemerintah.

Permintaan pembangunan batu miring pada drainase tersebut disampaikan oleh beberapa tokoh masyarakat Mangsang dan juga oleh warga. Sebab, pengerukan yang dilakukan tersebut dinilai tidak dapat membantu jika batu miring tak segera dipasang.

Nurdin Arianto, salah seorang tokoh mayarakat Mangsang mengatakan pemasangan batu miring pada drainase harus dilakukan secepatnya. Pasalnya, pengerukan drainase tersebut sudah hampir rampung.

Menurutnya, upaya pengerukan itu hanya membantu sementara. Padahal, permintaan warga banjir yang sudah terjadi beberapa hari lalu tidak akan terulang lagi setelah dengan adanya pembangunan drainase yang baik dan sesuai.

"Batu miring harus segera dipasang, kalau hanya dikeruk tak menjamin banjir tidak terjadi lagi," katanya.

Ditambahkan Syaiful Anwar, selaku ketua RT di perumahan Pancur Biru 1, selama pengerukan berlangsung warga tetap mengawal hingga rampung. Akan tetapi, warga juga berharap tidak hanya pengerukan saja yang dilakukan oleh pemerintah, pembangunan batu miring juga harus dilakukan.

Akibat banjir yang sudah pernah terjadi, kata Syaiful, banyak warga yang mengalami kerugian materil dan juga terserang penyakit DBD.

Banjir itu sendiri terjadi akibat drainase air yang tidak bagus, atau tersumbat sehingga luapan air menggenangi perumahan warga.

"Sudah jelas banjir kemarin karena drainase tak bagus. Jadi tolonglah hal banjir itu jangan terulang lagi. Warga minta pemerintah secepatnya membangun batu miring pada drainase ini," kata dia mengakhiri.