Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati 14 Tahun FSPMI

Buruh FSPMI Mulai Bergerak ke Engku Putri
Oleh : bert/kli/ali/dd
Rabu | 06-02-2013 | 09:05 WIB
buruh-52-bergerak.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh FSPMI memadati jalan raya Tanjunguncang bergerak menuju Engku Putri.

BATAM, batamtoday - Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia mulai bergerak menuju kawasan Engku Putri untuk menggelar unjuk rasa, Rabu (6/2/2013) sekitar pukul 9.00 WIB.

Aksi ini mereka gelar, bertepatan dengan peringatan ke-14 eksistensi FSPMI di panggung perburuhan nasional.

Pantauan di kawasan Tanjunguncang, ratusan buruh dari berbagai industri galangan kapal mulai bergerak dengan menggunakan sepeda motor dan mobil bak terbuka dari Simpang Mapolsek Batuaji.

Mereka juga melengkapi dirinya dengan bendera, ikat kepala dan juga seragam hitam strip merah, khas FSPMI.

Di Mukakuning, ribuan buruh juga sudah bersiap berangkat namun masih menunggu kedatangan rekan-rekan mereka dari Tanjunguncang.

Sementara itu, di sudut kawasan industri Tunas, Batam Centre, puluhan anggota FSPMI juga mulai bersiap berangkat. Mereka masih menunggu rekan-rekannya yang lain, untuk berbareng bergerak menuju Kantor Wali Kota Batam.

Satu unit mobil Patwal dari Polresta Barelang tampak siap mengawal keberangkatan para buruh.

Keberangkatan buruh diperkirakan tidak serentak, namun mereka tetap menuju satu titik kumpul yakni kawasan Engku Putri.

Dalam aksinya kali ini, buruh akan menyuarakan lima tuntutan yakni adanya jaminan kesehatan seluruh rakyat Indonesia, meminta adanya jaminan pensiun untuk pegawai swasta.

Penetapan UMK juga seharusnya meliputi 84 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Buruh juga akan melakukan penolakan terhadap kenaikan TDL (tarif dasar listrik) yang akan memberatkan para buruh serta penolakan penangguhan upah oleh perusahaan.