Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waduh, Gigi Palsu Pasien RSUD Batam Tertelan Saat Makan Siang
Oleh : irw/dd
Rabu | 30-01-2013 | 15:15 WIB
rontgen-gigi-palsu.gif Honda-Batam
Dokter Teppy menunjukkan foto rontgen milik Ibnu Hajar yang menelan gigi palsunya saat makan siang.

BATAM, batamtoday - Ibnu Hajar (35), warga Batuaji yang menjadi pasien RSUD Embung Fatimah Batam, terpaksa harus dilarikan ke RS BP Batam lantaran gigi palsunya tertelan saat dirinya santap siang, Selasa (30/1/2013).


Ibnu harus mendapat penanganan medis lantaran gigi palsu yang tertelan itu menganggu pencernaannya. Tak kurang dari 10 menit, operasi yang dijalankan para dokter RS BP Batam itu berhasil mengeluarkan gigi palsu milik Ibnu.

DR Teppy Djohar, SpTHT, dokter spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) yang menangani Ibnu, mengatakan, sebelumnya Ibnu sempat ditangani oleh RSUD Embung Fatimah di Batuaji, namun alat untuk menangani insiden tersebut tidak dimiliki.

Kenapa gigi palsu tersebut bisa lepas dan tertelan, menurut dokter, gigi palsu yang dikenakan Ibnu karena tidak ada cangkokannya atau pengait hanya menempel saja gigi palsu tersebut.

"Gigi palsu itu tertelan saat pasien lagi makan siang dan dia sadar kalau gigi palsunya itu tertelan pada saat makan," ujar Teppy kepada wartawan.

Teppy menambahkan, dirinya juga pernah menangani kasus yang sama seperti tertelan koin, jarum, benda-benda kecil yang bisa masuk ke dalam tubuh. Tetapi kalau sudah sampai masuk ke lambung, menurutnya perlu dilakukan bedah.

Hingga kini, Ibnu masih menjalani perawatan sementara di RS BP Batam akibat gigi palsunya yang ikut nyelonong bersama makan siangnya.