Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian Pertahanan Kaji Pembentukan Tiga Komando Wilayah
Oleh : hz/dd
Jum'at | 25-01-2013 | 13:05 WIB
menhan.gif Honda-Batam
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro.

BATAM, batamtoday - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro mengatakan rencana penambahan armada laut baru di Indonesia, masih dalam tahap pengujian untuk pembentukan organisasi dan armada baru.

Rencananya, markas komando armada laut di wilayah tengah yang akan dipusatkan di Makassar, hingga kini masih terus dilaksanakan tahap pengujiannya sebelum komando wilayah dibagi dalam tiga bagian, yakni wilayah barat, wilayah tengah dan wilayah timur dalam pengawasan tetorial keamanan NKRI.

"Pembahasan Kowila di Indonesia ini masih dalam tahap pengujian, ada yang masih harus dibahas termasuk pertimbangan berbagai hal, terutama geopolitik dan geostrategi wilayah," kata Purnomo Yusgiantoro di sela-sela peresmian KRI Beladau-643 di Pelabuhan Batu Ampar, Jumat (25/1/2013).

Sejauh ini, lanjut Purnomo, proses pembentukan armada baru masih terus digodok. Nantinya akan ada daerah yang akan ditingkatkan fungsinya menjadi markas komando besar yang membawahi tiga armada laut, yakni barat, tengah, dan timur.

"Persiapan penambahan armada besar di Indonesia terus dimatangkan, termasuk persiapan alutsista di wilayah baru nantinya," jelas Purnomo.

Sebagaimana diketahui, Indonesia telah memiliki dua wilayah markas komando armada laut, yakni Markas Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) dan Markas Komando Armada Timur (Koarmatim).