Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Targetkan 1,25 Juta Wisatawan Asing Pada 2013
Oleh : ron/dd
Jum'at | 25-01-2013 | 10:49 WIB
yusfa.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri.

BATAM, batamtoday - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 1,25 juta wisatawan pada 2013. Jumlah tersebut lebih tinggi dari pencapaian tahun 2012 tahun lalu sekitar 1.215.240 orang wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri pada Jumat (25/1/2013), mengatakan target tersebut ditetapkan bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan pelaku usaha pariwisata di Batam. Apabila melihat karakteristiknya, diperkirakan wisatawan asing masih didominasi dari Singapura, Malaysia, Korea, Filipina, Cina dan India.

"Kita optimis tahun ini target tersebut akan tercapai. Adapun alasan meningkatnya target kunjungan wisata bisa dilihat dari semakin baiknya ekonomi di dunia," kata Yusfa.

Untuk mendatangkan wisatawan ke Batam, Disparbud juga akan mengadakan beberapa acara, diantaranya pada awal Januari kemarin dilakukan penyambutan wisatawan. Tidak hanya itu ada juga kegiatan Singapura Strait Regata yang akan dilaksanakan di Nongsa Point Marina dan Rakernas PHRI. Di tahun ini juga direncanakan akan digelar Wonderfull Kepri untuk menggaet lebih banyak jumlah wisatawan asing.

"Akan ada beberapa acara besar di beberapa kota di Kepri. Seperti Tanjungpinang, Bintan dan Batam. Rencananya pembukaan akan mengundang Presiden," terangnya.

Sedangkan untuk Batam sendiri akan digelar Kenduri Seni Melayu,
Gebyar Budaya Nusantara dan Batam International Cullinary Fiesta pada September mendatang.

"Sea Eagle Boat Race juga kita gelar untuk ke-10 kali di Belakangpadang," ujar Yusfa.