Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wisuda Diundur Terus, Ratusan Mahasiswa Uniba Mengamuk
Oleh : ron/dd
Selasa | 22-01-2013 | 23:36 WIB
kampus-uniba-1.jpg Honda-Batam
Kampus Uniba di Batam Centre

BATAM, batamtoday - Ratusan mahasiswa Universitas Batam (Uniba) di Batam Centre mengamuk, Selasa (22/1/2013) pukul 22.00 WIB. Pasalnya acara wisuda mereka selalu diundur oleh pihak kampus tanpa alasan yang jelas.


Pantauan batamtoday, ratusan mahasiswa terlihat mengamuk. Mereka merusak pot bunga, tanaman dan besi-besi di depan ruangan kampus. Mereka berteriak-teriak sambil memaki-maki kampus yang telah menunda-nunda wisuda mereka.

Bahkan salah seorang sekuriti yang coba menenangkan mahasiswa malah jadi sasaran amukan mahasiswa, dia ditendang, dipukul hingga terjatuh. Untung saja cepat dilerai oleh sesama mahasiswa yang terlihat sangat emosi.

"Kami sudah empat kali diundur wisudanya, apa maksud mereka ini. Padahal keluarga sudah datang dari jauh-jauh, malah ditunda," teriak para mahasiswa.

Mereka menjelaskan, bahwa sekitar 800 mahasiswa telah Yudisium sejak bulan September 2012 lalu. Rencana awal diwisuda pada bulan Oktober, tapi ditunda hingga Desember. Dan Desember ditunda juga. Saat tiba waktunya, kembali dilakukan pendundaan pada tanggal 26 Januari 2013.

"Ini malah ditunda lagi sampai 2 Februari 2013. Padahal uang wisuda sudah harus dilunasi pada bulan Agustus tapi selalu ditunda," keluh mereka.

Para mahasiswa mengancam apabila tidak diwisuda tanggal 26 Januari nanti, maka mereka akan berdemo besar-besaran sambil mengenakan toga wisuda.

"Sekitar 800 mahasiswa, kita sudah bayar mulai Rp1,2 juta sampai Rp2 juta. Suka-suka pihak kampus aja," ungkapnya.