Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sani Janjikan Perbaikan Sarana Prasarana Korban Banjir Bintan Bunyu
Oleh : chr/dd
Selasa | 22-01-2013 | 08:54 WIB
HM.-Sani-berikan-bantuaan-pada-korban-banjir-Bintan.jpg Honda-Batam
Gubernur HM. Sani menyerahkan bantuan kepada salah satu korban banjir.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani menjanjikan perbaikan sarana prasarana bangunan sekolah dan relokasi 21 rumah penduduk korban banjir bandang di Kampung Kangboi, Kelurahan Tuapaya Utara dan Kampung Bintan Bekapur Kota Kara, Kelurahan Bintan Bunyu, Kabupaten Bintan.


Janji perbaikan sarana prasarana itu disampaikan HM. Sani di sela-sela kunjungannya dan menyerahkan bantuan pada korban banjir bandang di dua wilayah tersebut, Senin (21/1/2013).

"Langkah utama yang kita lakukan adalah memperhatikan kebutuhaan utama korban banjir atas keperluan makanan dan minuman dengan membetuk dapur umum. Dalam kesempatan ini kita juga memberikan bantuan berupa bahan makanan pada korban," ujar HM. Sani yang didampingi Sekda Kepri Suhajar Sewantoro dan Bupati Bintan Ansar Ahmad.

Terkait pelaksanaan relokasi dan pembangunan sarana prasarana sekolah SD 003 Kangboi serta rumah warga korban banjir, lanjut Sani, Pemerintah Provinsi Kepri akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Bintan.

"Melalui kunjungan ini, merupakan bentuk kepedulian kita pada korban banjir dengan memberikan bantuan dan membentuk dapur umum, kendati air sudah surut dan warga dapat kembali ke rumah. Kita minta warga bersabar," ujar HM. Sani.

Mengenai pelaksanaan relokasi dan pembangunan sekolah, kata Sani, akan dicarikan jalan keluar melalui kajian dan pembentukan DED (detail engineering design) oleh Pemkab Bintan, khususnya mengenai ancaman banjir yang berkemungkinan berulang hingga sekolah dan rumah warga perlu dilakukan relokasi.

"Untuk melakukan pembangunan sekolah dan relokasi rumah warga, perlu studi telah dari Pemerintah Bintan, seberapa besar ancaman banjir akan kembali terulang, hingga perlu dilakukan relokasi sekolah dan rumah warga," ujarnya.

Sedangkan mengenai buku-buku siswa SD 003 Kangboi yang rusak dan basah, HM. Sani juga memerintahkan Dinas Pendididikan Bintan serta Provinsi agar dapat mengganti buku dan kebutuhan siswa tersebut.

Sementara itu, Bupati Bintan Ansar Ahmad mengatakan, sejak terjadi banjir dua hari lalu hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Bintan telah menyalurkan bantuan berupa sandang dan pangan di dapur umum korban bencana banjir. Sedangkan untuk perbaikan sekolah, pemerintah juga akan mengerahakan petugas kebersihan, sehingga siswa SD 003 Kangboi dapat segera melaksanakan proses belajar mengajar.

"Kami juga sangat bertrimakasih atas kunjungan dan respon yang dilakukan gubernur. Untuk sementara ini, pelaksanaan belajar mengajar siswa SD 003 Kangboi masih diupayakan tetap berada di sekolah bekas banjir, sambil menunggu kajian kelayakan pemindahan bangunan sekolah ke tempat yang lebih tinggi," sebutnya.