Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Siapkan Akil Muchtar Pengganti Mahfud MD
Oleh : si
Selasa | 04-12-2012 | 20:11 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengungkapkan, bahwa DPR sudah mengantongi calon penggantinya.

 

"DPR sudah punya kriteria (ketua MK) yang baik," kata Mahfud saat hadir di Komisi III DPR, Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Menurut Mahfud, sosok pengganti dirinya sudah diatur terkait kriteria-kriteria ketua MK. "Banyak sekali kriterianya, ada di UU," katanya.

Walau begitu, Mahfud MD berharap ketua MK nantinya bisa melaksanakan tugas dengan baik. "Tentu yang terbaik," katanya sambil berlalu.

Masa jabatan 2 hakim konstitusi akan berakhir tahun depan. Ketua MK Mahfud MD meminta Komisi III mempersiapkan penggantinya segera.

"Rapat konsultasi dengan Pak Mahfud MD tentang hakim konstitusi yang habis masa jabatannya. Pak Mahfud MD pada 1 April 2013 dan Pak Akil Mochtar pada 16 Agustus 2013," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy.

Komisi III DPR pun mendengarkan masukan Mahfud MD. "Kita akan mulai fit and proper test pada masa sidang depan," kata Tjatur.

Komisi III DPR, lanjut Tjatur, membangun tradisi baru dengan menghadirkan perwakilan MK. Biasanya Komisi III DPR sengaja datang ke MK untuk meminta masukan terkait pergantian hakim MK.

"Masukan Pak Mahfud MD tadi supaya fit and proper test pergantiannya dan Akil Mochtar dilaksanakan bersamaan, kita dengarkan," katanya.