Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BC Kepri Selamatkan 6 ABK KLM Mutiara Kencana yang Tenggelam di Perairan Pulau Karimun Anak
Oleh : Freddy
Senin | 28-10-2024 | 17:04 WIB
Selamatkan-ABK1.jpg Honda-Batam
6 ABK KLM Mutiara Kencana yang tenggelam di Perairan Pulau karimun Anak berhasil diselamatkan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sinergi Bea Cukai Kepri dengan Basarnas, Satpolairud Polres Karimun, dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun berhasil melakukan penyelamatan terhadap 6 anak buah kapal (ABK) KLM Mutiara Kencana yang tenggelam di perairan Pulau Karimun Anak pada Sabtu (26/10/2024).

Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Tutut Basuki, menjelaskan bahwa petugas segera bertindak setelah mendapatkan informasi adanya kapal tenggelam di sekitar Perairan Pulau Karimun Anak.

"Saat menerima laporan, petugas langsung bergerak cepat untuk melakukan pencarian kapal dan memastikan keselamatan para ABK yang mungkin berada di perairan," jelas Tutut dalam siaran pers, Senin (29/10/2024).

Ungkap Tutut, setelah dilakukan pencarian secara intensif, tim berhasil menemukan 6 ABK yang mengapung di laut yang diduga diduga dari KLM. Mutiara Kencana. Selanjutnya petugas segera melakukan evakuasi dan membawa mereka ke atas Kapal Patroli Bea Cukai.

"Melihat kondisi para korban cukup mengkhawatirkan, sehingga pertolongan pertama dan perawatan langsung diberikan di atas kapal untuk memulihkan kondisi fisik mereka," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh petugas bahwa KLM. Mutiara Kencana, berangkat dari Batu Pahat dengan tujuan ke Selat Panjang dan mengalami kecelakaan laut akibat cuaca buruk.

"Hempasan ombak besar menyebabkan kapal mengalami kebocoran pada lambungnya, hingga akhirnya tenggelam," kata Tutut Basuki.

Lebih lanjut Tutut Basuki menyebutkan bahwa para ABK KLM Mutiara Kencana yang berhasil diselamatkan ini langsung dibawa ke Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau untuk penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Tutut Basuki menambahkan bahwa penyelamatan ini merupakan salah satu bukti konkret dari sinergi yang telah terjalin baik antara Bea Cukai Kepri, BASARNAS Karimun, Satpolairud Polres Karimun, dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dalam menjaga keselamatan dan keamanan perairan.

"Sinergi antar lembaga ini diharapkan terus diperkuat demi memberikan perlindungan maksimal bagi semua pihak yang beraktivitas di wilayah perairan Kepri," pungkasnya.

Editor: Yudha