Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Siapkan Anggaran Pendamping Rp 65 M Program Makan Bergizi Nasional
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 24-10-2024 | 18:44 WIB
Jefridin112.jpg Honda-Batam
Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyiapkan anggaran pendamping sebesar Rp 65 miliar untuk program yang digagas oleh Presiden Prabowo Subianto yakni program Makan Bergizi Nasional (MBN).

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Batam, Jefridin Hamid menyampaikan, dari perhitungan yang ada, Kota Batam membutuhkan anggaran program MBN ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 650 miliar untuk memenuhi program makanan bergizi.

Program unggulan dalam mencerdaskan anak bangsa ini rencananya akan menggunakan anggaran pemerintah pusat, dan daerah.

Program ini bertujuan untuk menyediakan makanan bergizi bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang kurang mampu, demi meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan.

"Kebutuhan kita cukup besar kalau tak salah Rp 650 Miliar, maka 10,25 persen dari anggaran pendamping APBD Batam sekitar Rp 65 miliar," ujar Jefridin, Kamis (24/10/2024).

Namun, lanjut Jefridin, hingga saat ini, Juknis (Petunjuk Teknis) pelaksanaan program dari pemerintah pusat belum diterima secara resmi.

"Sampai saat ini juknisnya belum turun, kita menunggu. Kalau juknisnya sudah ada, baru kita akan publish bagaimana pelaksanaannya," sebutnya.

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu kepastian apakah program ini akan dijalankan melalui Dinas Pendidikan atau dimasukkan ke dalam anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di tiap sekolah.

"Perkiraan kebutuhan anggarannya sudah siap, yang jelas Rp 65 miliar itu akan diambil dari pendapatan asli daerah (PAD) kita," ungkapnya.

Seperti yang dikatakan Prabowo Gibran, program ini diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas gizi masyarakat Batam. Sekaligus menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera menuju Indonesia Emas 2045.

Editor: Yudha