Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaga Penyaluran Gas Bumi Aman dan Selamat, PGN Raih Penghargaan Subroto Award 2024
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 11-10-2024 | 17:04 WIB
PGN-Subroto-Award1.jpg Honda-Batam
PGN Raih Penghargaan Subroto Award 2024. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina terus menjaga pengelolaan serta penyaluran gas bumi bagi negeri. Komitmen ini menjadi prioritas utama bagi PGN untuk meningkatkan produksi gas bumi secara masif demi terpenuhinya kebutuhan dalam negeri secara aman dan selamat. Selain itu, ini merupakan upaya PGN dalam mendukung peningkatan perekonomian Indonesia.

Peran PGN dalam penyaluran gas bumi hingga saat ini oleh seluruh wilayah operasi mencapai 841 BBTUD pada periode Juni 2024. Aspek keamanan dan keselamatan juga senantiasa diimplementasikan PGN pada setiap kegiatan dengan lebih dari 500 juta Jam Kerja Aman (JKA).

Atas kinerja positif dalam menjaga pemenuhan gas bumi dengan aman dan selamat, PGN melalui SOR II mendapatkan apresiasi Subroto Award yang merupakan penghargaan tertinggi pada sektor energi dan sumber daya mineral dari Kementerian ESDM dalam kelompok Keselamatan, Keteknikan dan Perlindungan Lingkungan pada Kamis (10/10/2024).

Penyerahan penghargaan Subroto Award 2024 dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia. Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prahatini hadir mewakili PGN untuk menerima penghargaan tersebut.

Pencapaian ini turut didukung oleh kontribusi seluruh wilayah operasi PGN, salah satunya wilayah utama penggerak ekonomi Indonesia yaitu Jawa Bagian Barat (JBB) yang pengelolaannya dilakukan oleh Sales and Operation Region II (SOR II). Hal ini dibuktikan dengan tercapainya 48 JKA oleh SOR II dalam implementasi aspek keamanan dan keselamatan pada setiap kegiatan.

Penyaluran gas bumi di wilayah JBB oleh PGN menggunakan 3.200 km pipa yang terbagi menjadi dua yaitu 1.817 pipa baja dan 1.398 pipa PE serta disokong oleh sejumlah infrastruktur pendukungnya. Infrastruktur ini menyalurkan gas dari beberapa sumber seperti Pertamina EP, MEPG, dan terintegrasi dengan Pipa SSWJ, FSRU Lampung serta FSRU Jawa barat.

Wilayah operasi PGN melalui SOR II meliputi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Terdapat 9 segmen pelanggan yakni rumah tangga sebanyak 230.453 pelanggan, pelanggan kecil sebanyak 795 pelanggan, industri sebanyak 1.473 pelanggan, dan pembangkit listrik sebanyak 7 pelanggan. Selain itu, PGN juga menyediakan dan menyalurkan gas bumi untuk kilang, pupuk, SPBG dan lifting oil. Sebagian besar pelanggan UMKM dan retail juga telah dilayani dengan moda beyond pipeline Compressed Natural Gas (CNG).

"Suatu kehormatan bagi PGN, khususnya SOR II yang mengelola pemanfaatan gas bumi untuk seluruh pelanggan di Jawa Bagian Barat. Tren pertumbuhan pemanfaatan gas bumi di wilayah tersebut sangat berpotensi, sehingga penghargaan Subroto Award menjadi pemacu kami untuk senantiasa mengutamakan aspek keamanan, keselamatan dan kepedulian terhadap lingkungan," ujar Ratih.

Lanjut Ratih, kepercayaan atas pelaksanaan keamanan dan keselamatan di dalam kegiatan operasi akan terus dijaga kedepannya secara berkelanjutan. Kegiatan operasional PGN juga terus diupayakan agar dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar baik pada sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Editor: Yudha