Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

WCCE 2024, Sandiaga Uno: Perkuat Agenda Global Ekonomi Kreatif
Oleh : Redaksi
Sabtu | 05-10-2024 | 15:04 WIB
sandiaga.jpg Honda-Batam
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat menjadi panelis dalam sesi pleno 'Future Frontiers: Unleashing Potential in Creative Workforces' yang berlangsung di Boulevard Stage, Central Asian Expo, Uzbekistan, Kamis (3/10/2024). (Kemenparekraf)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meyakini bahwa pelaksanaan World Conference on Creative Economy (WCCE) 2024 di Uzbekistan akan memperkuat pengembangan agenda global terkait ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Sandiaga saat menjadi panelis dalam sesi pleno 'Future Frontiers: Unleashing Potential in Creative Workforces' yang berlangsung di Boulevard Stage, Central Asian Expo, Uzbekistan, Kamis (3/10/2024).

Sandiaga menekankan pentingnya peran ekonomi kreatif dalam ekonomi global yang terus berkembang. "Pengembangan agenda global untuk ekonomi kreatif masih terus berlangsung. Ekonomi kreatif memiliki peranan yang semakin signifikan dalam ekonomi global," ujarnya, demikian dikutip laman Kemenparekraf.

Saat ini, ekonomi kreatif menyumbang 3,1 persen dari PDB global dan 6,2 persen dari total lapangan kerja dunia. Pada 2030, diproyeksikan kontribusinya akan meningkat menjadi 10 persen dari PDB global dan 40 persen dari penciptaan lapangan kerja. Namun, tantangan seperti perlindungan hak kekayaan digital dan kesenjangan digital masih menjadi isu utama yang harus diatasi.

"Badan dan forum internasional kini lebih banyak membahas isu-isu ekonomi kreatif. WCCE hadir sebagai platform untuk para pelaku global dalam membahas perkembangan terkini di sektor ini," lanjutnya.

Sandiaga juga mengapresiasi langkah pemerintah Uzbekistan yang baru saja menyetujui undang-undang tentang ekonomi kreatif pada 30 September 2024. Menurutnya, regulasi ini akan menjadi dasar kuat untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di negara tersebut. "Kami berharap undang-undang ini dapat direplikasi di negara-negara Asia Tengah lainnya dan mendorong kerja sama regional di sektor ekonomi kreatif," tambahnya.

Selain itu, Sandiaga memaparkan langkah-langkah yang diambil Indonesia dalam pengembangan ekonomi kreatif, seperti program Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) yang mendorong kota-kota di Indonesia untuk mengembangkan potensi lokal mereka di sektor ini. Indonesia juga menjalin kerja sama dengan lembaga internasional seperti UNESCO, WIPO, dan UN DESA dalam berbagai proyek untuk memajukan ekonomi kreatif.

WCCE 2024 menjadi momentum penting dalam mendorong ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor kunci masa depan ekonomi global.

Editor: Gokli