Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Kesehatan ke-48

SD dan MI se-Anambas Ikuti Lomba Gerak Jalan
Oleh : emmi/dd
Senin | 22-10-2012 | 11:07 WIB
anambas-gerak-jalan-sd.gif Honda-Batam
Para peserta gerak jalan di Anambas saat bersiap di garis start.

ANAMBAS, batamtoday - Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-48, Pemkab Anambas mengadakan lomba gerakjalan tingkat SD/MI se-Kabupaten Anambas. Perlombaan tersebut diikuti oleh 40 regu dari 20 SD/MI dengan menurunkan dua regu setiap sekolah, satu regu putra dan satu regu putri, Sabtu (20/10/2012).


Asisten II Pemkab Anambas, Andi Agrial saat melepas 40 regu tersebut mengatakan, perlombaan gerak jalan tersebut merupakan even yang sangat penting bagi para siswa tingkat SD karena dengan adanya kegiatan tersebut budaya sehat akan tertanam dengan baik pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap anak usia dini sudah dapat menanamkan budaya sehat, sehingga kedepan anak-anak bangsa ini sehat jasmani," katanya.

Andi juga menambahkan, masyarakat bisa memetik pelajaran dari kegiatan tersebut bahwasanya betapa pentingnya sebuah kesehatan bagi kita. "Melalui gerak jalan kita tingkatkan budaya kesehatan kita agar terhindar dari penyakit,"ujarnya.

Sementara ketua panitia pelaksana kegiatan Muslim, mengatakan ada lima sekolah tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut karena terkendala transportasi. Panitia telah mengundang 25 sekolah untuk ikut lomba. Namun hanya 20 sekolah saja yang berpartisipasi merayakan hari kesehatan nasional.

"Panitia mengundang 25 sekolah SD/MI yang ada di Anambas. Namun lima dari kecamatan Letung Jemaja dan Jemaja Timur tidak bisa hadir karena kesulitan transportasi dan keberatan biaya akomodasi karena dipastikan akan menginap, sedangkan bantuan pemerintah hanya biaya transportasi saja," katanya.

Ia menambahkan, meskipun tidak semua sekolah hadir tidak mempengaruhi jalannya kegiatan dan ia pun menganggap itu bukan suatu masalah yang serius. "Memang kita akui dari ke lima sekolah tersebut jauh dari kabupaten Kota, tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar," tambahnya. 

Dalam gerak jalan tersebut, masing-masing regu baik putra maupun putri terdiri dari 11 siswa dengan komposisi satu komandan barisan dan 10 anggota. Adapun rute yang ditempuh para peserta berjarak kurang lebih 1 km. Yakni dengan mengelilingi kota Tarempa. Start dari lapangan sepakbola Sulaiman Abdullah menuju kearah puskesmas Tarempa, kemudian belok kiri menuju masjid Kabupaten yakni masjid Jami' Baiturrahim kemudian belok kiri melalui Jalan Raden Saleh yang berujung di lapangan sepak bola lagi dan finis ditengah lapangan bola.