Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menyatukan Olahraga dan Seni

Rayakan Hari Olahraga Nasional, BINUS @Kemanggisan Raih Rekor MURI
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-09-2024 | 16:04 WIB
Rekor-MURI-Binus.jpg Honda-Batam
BINUS @Kemanggisan berhasil meraih Rekor MURI, lewat perayaan Hari Olahraga Nasional pada 9 September 2024. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di tengah tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia dalam mencapai kesuksesan di era globalisasi, BINUS @Kemanggisan memperingati Hari Olahraga Nasional dengan pesan kuat yaitu semangat dan dukungan bersama adalah kunci untuk meraih impian bagi generasi muda sehingga Indonesia bisa menghasilkan talenta-talenta yang unggul.

Generasi muda Indonesia juga telah banyak menorehkan prestasi gemilang di kancah lokal, nasional bahkan internasional, dan BINUS @Kemanggisan menegaskan keberhasilan tersebut tidak lepas dari kolaborasi serta tekad yang kuat. Untuk itu, BINUS @Kemanggisan menyelenggarakan serangkaian kegiatan guna memperingati Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September 2024.

Acara ini telah dilaksanakan dengan kegiatan yang mencakup pemberian beasiswa pada atlet basket, lalu parade olahraga yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dan dosen dari BINUS @Kemanggisan, menampilkan juga berbagai cabang olahraga mulai dari atletik hingga permainan tradisional.

Parade ini menjadi simbol kebersamaan yang menegaskan kesuksesan tidak dapat dicapai sendiri, tetapi BINUS@Kemanggisan kerja sama dan dukungan komunitas atau pun organisasi kemahasiswaan yang ada. Prestasi-prestasi yang diraih oleh generasi muda saat ini juga menunjukkan bagaimana peran kebersamaan dan dukungan sangat penting dalam mencapai puncak karir mereka.

Puncak acaranya adalah pembentangan karya seni dari School of Design BINUS @Kemanggisan yang menggunakan teknik hand stamping. Karya lukis ini dibuat dengan teknik hand stamping yang melibatkan sekitar 1.820 orang BINUSIAN. Lukisan dibuat di atas kain blacu Solo dengan panjang 23 meter dan lebar 6 meter. Karya ini bukan hanya indah secara visual, tetapi juga mempunyai filosofi yang mendalam.

Dibentuk dari ribuan hand stamping yang bersama-sama menciptakan satu gambar, karya ini menggambarkan sosok seorang pemanjat tebing yang melambangkan generasi muda yang berhasil menggapai karir atau kesuksesan dengan dukungan dari banyak orang. Dengan tekad dan semangatnya, mereka tidak hanya meraih mimpi pribadi tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia. Prestasi ini menjadi bukti bahwa dengan dukungan yang tepat, generasi muda mampu mencapai hal-hal luar biasa. Lukisan ini juga disertai dengan tulisan SPIRIT yang merupakan nilai-nilai yang dimiliki oleh setiap BINUSIAN.

Karya ini juga mencatatkan sejarah baru dengan meraih rekor MURI sebagai Pembentangan Karya Seni Visual Terpanjang pada Wall Climbing Tertinggi di Indonesia. Menggunakan wall climbing sebagai kanvas, karya ini menjadi simbol sinergi antara olahraga, seni, dan inovasi, serta refleksi atas bagaimana generasi muda dapat terus berkarya dan berprestasi dengan dukungan dari berbagai pihak.

Dr Reina, Direktur Kampus BINUS @Kemanggisan, menyatakan peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk terus mengeksplorasi berbagai bidang secara kreatif, serta mengapresiasi pentingnya kesehatan fisik dan mental.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan olahraga, tetapi juga menjadi bukti bahwa seni dan olahraga dapat berkolaborasi untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Dengan diraihnya rekor MURI, BINUS @Kemanggisan sekali lagi membuktikan diri sebagai lembaga yang terus berinovasi, mendorong kreativitas mahasiswa, dan merangkul prestasi generasi muda Indonesia.

Selain itu juga, beasiswa yang diberikan untuk atlet berprestasi adalah sebagai bagian dari dukungan nyata BINUS terhadap perkembangan olahraga di Tanah Air, acara ini juga memberikan beasiswa hingga 100% kepada para atlet basket berprestasi. Ini adalah bentuk komitmen BINUS untuk memastikan bahwa para atlet yang telah berjasa bagi bangsa ini mendapatkan kesempatan terbaik untuk berkembang, baik di dunia akademik maupun olahraga. Beasiswa ini diharapkan dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi.

Editor: Gokli