Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imbang Lawan Australia, Begini Peluang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-09-2024 | 19:44 WIB
AR-BTD-5291-Timnas-Indonesia.jpg Honda-Batam
Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 lawan Australia di kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pengamat sepak bola nasional Muhammad Yusuf Kurniawan menilai Timnas Indonesia punya kans lolos ke fase keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Analisis ini disampaikan Yusuf mengacu performa Jay Idzes dan kawan-kawan dalam dua laga melawan Arab Saudi dan Australia. Indonesia menahan imbang Arab 1-1 dan bermain 0-0 dengan Australia.

Bagi Yusuf ini peningkatan performa. Pasalnya di fase kedua kualifikasi, Garuda tak bisa berbuat banyak saat melawan Irak. Poin hanya diraih saat melawan Vietnam dan Filipina.

"Secara hasil, sudah bagus dapat dua poin dari dua match lawan dua tim yang secara rangking FIFA dan kualitas skuad di atas kita," kata Yusuf, Rabu (11/9/2024).

Kendati demikian ada beberapa catatan penampilan yang bisa diperbaiki Shin Tae Yong untuk laga berikutnya. Dengan perbaikan ini, performa Timnas Indonesia bisa kian garang.

"Hanya sayangnya di momen-momen transisi positif [counter] kita sering tidak presisi dalam passing kombinasi [sering tersangkut]. Padahal, itu detail-detail yang bisa jadi pembeda," katanya.

Saat ini skuad Merah Putih menempati peringkat keempat Grup C Fase Ketiga Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia meraih dua poin dari dua pertandingan.

Hingga Juni 2025 nanti ada delapan pertandingan lagi yang akan dijalani Indonesia. Dari delapan itu empat berlangsung di kandang dan empat lainnya dalam laga tandang.

Yusuf menilai, peluang Indonesia untuk lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2026 dengan menjadi juara grup atau runner up cukup sulit. Namun posisi ketiga dan keempat realistis diraih.

"Kalau lolos otomatis [ranking 1-2] masih terlihat berat, walau peluang belum tertutup, tapi kalau peluang [sedikitnya] masuk ranking 3-4 seperti target STY masih besar."

"Forecast-nya akan lebih terlihat setelah kita menghadapi China dan Bahrain. Kalau Jepang, sudahlah ya, enggak usah dibahas [tertawa]. Satu tiket bisa dipastikan milik mereka," kata Yusuf.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha