Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FBN Kepri Sosialisasi Bela Negara kepada Mahasiswa Baru STIKES Hang Tuah Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 21-08-2024 | 19:24 WIB
FBN-Kepri1.jpg Honda-Batam
Kegiatan sosialisasi Bela Negara kepada Mahasiswa Baru STIKES Hangtuah Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Forum Bela Negara (FBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang diketuai mantan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Letkol Laut (Purn) Endang Abdullah, menggelar sosialisasi dan edukasi bela negara kepada mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Hang Tuah Tanjungpinang, Rabu (21/8/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung sebagai bagian dari masa orientasi mahasiswa baru ini, Endang Abdullah menyampaikan pentingnya materi bela negara untuk membentuk karakter generasi penerus yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan sikap yang mumpuni.

"Proses belajar yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan sikap sehingga para mahasiswa dapat berkontribusi sebagai generasi penerus bangsa dan negara, khususnya di bidang pelayanan kesehatan yang profesional," ungkap Ketua FBN Kepri.

Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan STIKES Hang Tuah Tanjungpinang, Komala Sari, menjelaskan bahwa pembekalan bela negara ini merupakan salah satu program dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diberikan kepada sekitar 200 mahasiswa baru.

"Mahasiswa baru kami yang hampir mencapai 200 orang, terbagi menjadi mahasiswa reguler dan mahasiswa rekognisi pembelajaran lampau. Pembekalan ini termasuk dalam program Kemenristekdikti dan bertujuan untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru," tambah Komala Sari.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menjaga dan memajukan bangsa dan negara melalui profesi mereka di masa depan.

Editor: Yudha