Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Undip Juara 1 Lomba Debat Hukum, Kadivkum Polri: Jadi Wadah Mahasiswa Sikapi Permasalahan
Oleh : Redaksi
Rabu | 31-07-2024 | 13:44 WIB
undip-juara.jpg Honda-Batam
Mahasiswa Undip, saat menerima piala juara 1 lomba debat hukum yang digelar Mabes Polri, Selasa (30/7/2024). (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Hukum yang digelar Mabes Polri, Selasa (30/7/2024).

Kepala Divisi Hukum Polri, Irjen Viktor Theodorus Sihombing, menyampaikan lomba ini dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78, yang diharapkan bisa menjadi wadah mahasiswa dalam menyampaikan pendapat terutama terkait persoalan hukum di masyarakat.

Final Lomba Debat Hukum yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, berlangsung sejak Senin kemarin. Undip yang menjadi perwakilan Polda Jawa Tengah berhasil mengalahkan Universitas Hassanudin dari Polda Sulawesi Selatan. Lomba debat hukum kali ini mengangkat tema 'Permasalahan Penegakan Hukum oleh Polri', dengan fokus isu 'Restorative Justice dan Penyebaran Berita Bohong atau Hoax'.

Kadivkum melihat antuasime tidak hanya dari peserta lomba sebanyak 238 universitas yang berpartisipasi. Namun, juga dari pemikiran kritis para mahasiswa pada saat berargumen yang memiliki dasar-dasar hukum yang jelas dan kuat dalam menyikapi permasalahan-permasalahan hukum.

"Kami melihat antusias dari peserta yakni mahasiswa yang memiliki pemikiran kritis dan kemauan serta kemampuan yang mungkin tiap hari terasah di bidang hukum. Harapannya nanti mereka ini orang-orang yang menyuarakan hukum yang baik dan menanamkan budaya hukum ke masyarakat," kata Irjen Viktor kepada wartawan, demikian dikutip laman Humas Polri.

Menurutnya, pemikiran kritis para mahasiswa harus diwadahi sehingga keterampilan mereka dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tidak hanya asal menyuarakan pendapat mereka soal isu-isu hukum, Irjen Viktor berharap agar para peserta ini juga bisa memberikan solusi dalam menyikapi dalam setiap permasalahan hukum yang ada.

"Perlu kita wadahi agar mereka dalam menyampaikan pendapatnya di publik atau dalam menyikapi persoalan hukum yang ada mereka punya dasar-dasar hukum yang kuat," kata Kadivkum.

"Jadi apresiasi dan terima kasih atas keikutsertaan mereka, mudah-mudahan ini menjadi embrio untuk mereka meningkatkan kemampuan hukumnya dan kedepan kita harap ini kita akan adakan kembali sehingga para mahasiswa yang mungkin lagi kuliah hukum dapat mempersiapkan diri untuk event yang akan datang," pungkasnya.

Adapun yang menjadi juara 3 yakni Universitas Tadulako perwakilan dari Polda Sulawesi Tengah. Sementara juara 4 yakni Universitas Padjajaran perwakilan Polda Jabar.

Dalam lomba yang dihadiri oleh Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Divisi Hukum juga menggelar Lomba Penyuluhan yang diikuti oleh anggota Polri. Para anggota diuji kemampuannya dan profesionalisme dalam memberikan penyuluhan hukum tentang hukum-hukum terbaru kepada anggota Polri dan masyarakat.

Editor: Gokli