Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Rute Lengkap Gerak Jalan Proklamasi Dwi Juang 2024 Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Rabu | 21-08-2024 | 19:04 WIB
Rute-Gerak-Jalan1.jpg Honda-Batam
Rute Lengkap Gerak Jalan Proklamasi Meriahkan HUT RI ke-79 di Tajungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang resmi merilis rute Gerak Jalan Proklamasi 2024, yang akan diadakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan dalam dua kategori jarak, yaitu 8 kilometer pada 24 Agustus 2024 dan 17 kilometer, 25 Agustus 2024.

Gerak jalan sejauh 8 kilometer akan dimulai dari Terminal Sei Carang sebagai titik start. Peserta akan berjalan menuju simpang Pasar Bestari dan belok kiri menuju simpang Polsek Tanjungpinang Timur, belok kiri ke arah simpang Kedai Kopi Batu 10, lalu belok kanan ke simpang Lampu Merah Batu 10.

Setelah itu, rute akan dilanjutkan lurus melalui Simpang Lampu Merah Lotus, ke simpang Melayu Kota Piring. Selanjutnya, menuju simpang Adipura KM 6 dan belok kiri lagi ke Jalan Ahmad Yani.

Rute kemudian melewati Bundaran Pamedan, lurus hingga ke U-turn di depan SMPN 4, dan akhirnya finish di pintu masuk Pamedan, tepat di depan kantor Samsat.

Gerak jalan 17 kilometer akan dimulai dari titik yang sama, yaitu Terminal Sei Carang. Peserta akan berjalan menuju simpang Pom Bensin KM 8 dan belok kiri ke Jalan W.R. Supratman.

Dari sana, peserta akan terus lurus melewati Lampu Merah simpang Melayu Kota Piring hingga mencapai Jalan Raya Tanjung Uban- Tanjungpinang (KM 7).

Setelah itu, peserta akan melanjutkan perjalanan lurus ke simpang Adipura KM 6, kemudian ke Jalan Gatot Subroto (simpang Perla), Jalan M.T. Haryono, dan Jalan Brigjen Katamso.

Di simpang Pancur, peserta akan belok kiri ke Jalan Ir. Juanda (Pancur) dan kemudian belok kiri di simpang Pasaraya 21 menuju Jalan Ir. Sutami (simpang SDN 002 BB).

Rute berlanjut lurus ke Jalan Engku Putri, belok kanan di Bundaran Bappelitbang menuju Jalan Basuki Rahmat melewati bawah flyover dan belok kiri arah Dompak hingga U-turn kedua sebelum Gerbang Jembatan Dompak.

Setelah itu, peserta melanjutkan ke Jalan Wiratno, lalu menuju Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Gurindam Dua Belas. Rute akan berakhir di Tugu Sirih sebagai titik finish.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Ruli Friady, mengatakan gerak jalan Proklamasi bukan hanya sebagai ajang olahraga, tetapi juga sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat Tanjungpinang.

Ia mengimbau masyarakat untuk mematuhi arahan petugas selama acara dan selalu memperhatikan keselamatan diri.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung aman, lancar, dan sukses dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan," harap Ruli, Selasa (20/8/2024).

Editor: Yudha