Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelorakan Semangat Kebangsaan, Lemhannas RI dan Pemprov Kepri Perkuat Kolaborasi untuk Indonesia Emas 2045
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-08-2024 | 16:04 WIB
Lemhanas-RI.jpg Honda-Batam
Pembukaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) di Pacific Palace Hotel, Kota Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara, menghadiri acara pembukaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI).

Acara yang berlangsung pada Selasa (20/8/2024) di Pacific Palace Hotel, Kota Batam ini, diikuti oleh berbagai elemen seperti birokrat, akademisi, tokoh masyarakat, organisasi profesi, serta TNI dan Polri.

Dengan tema "Kolaborasi Antar Lembaga dan Masyarakat dalam Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan," kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan di tengah dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sekretaris Daerah, Adi Prihantara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan yang bisa berdampak pada ancaman persatuan dan kesatuan.

"Kepekaan terhadap dinamika yang terjadi sangat diperlukan agar kita dapat mengantisipasi dan menyikapi setiap permasalahan dengan cerdas dan bijak," ujarnya.

Selain itu, Adi Prihantara juga menegaskan pentingnya memanfaatkan kegiatan ini untuk berdiskusi dan bertukar pandangan terkait wawasan kebangsaan. "Dengan cara pandang yang luas terhadap nilai-nilai kebangsaan, kita dapat membangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan lebih kokoh," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Adi Prihantara juga menyampaikan pesan dari Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lemhannas RI atas penyelenggaraan acara ini di Provinsi Kepulauan Riau.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Riau, yang terletak di gerbang utara Indonesia, memiliki peran strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Provinsi Kepri bersama Bappenas telah mengusung slogan Permata Biru Indonesia: Gerbang Indonesia Utara Menuju Indonesia Emas 2045. Disebut Permata Biru karena wilayah Kepri terdiri dari 96% laut dan 4% daratan, dengan 2.480 pulau yang mencerminkan miniatur Indonesia," ujar Sekda.

Terakhir, Sekda Adi berharap bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi pengembangan Kepri menuju provinsi yang makmur, berdaya saing, dan berbudaya.

"Kami berharap semangat ini dapat dibawa pulang oleh para peserta ke daerah masing-masing untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan di Kepri," tambahnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, di antaranya Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen Pol. R.Z. Panca Putra, Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Danlantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, dan Para alumni Ikatan Lemhannas.

Editor: Yudha