Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diwarnai Track Terjal dan Curam, Panbil Wellness Sukses Gelar Merdeka Trail Run
Oleh : Aldy
Selasa | 13-08-2024 | 15:04 WIB
Merdeka-Trail-Run.jpg Honda-Batam
Panbil Wellness saukes menggelar sport event Merdeka Trail Run yang bertajuk Panbil Wellness Weekend 2.0, Minggu (11/8/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panbil Wellness saukes menggelar sport event Merdeka Trail Run yang bertajuk Panbil Wellness Weekend 2.0. Para peserta disugukan tantangan track yang terjal dan curam.

Acara yang diadakan pada Minggu (11/8/2024) pukul 06.00 - 14.00 WIB yang lalu oleh Panbil Nature Reserve yang berada di bawah naungan operasional Panbil Hospitality Group. Berlokasi di Panbil Nature Reserve dan Amphiteatre Panbil.

Acara ini diikuti hampir 500 peserta yang berasal dari dalam dan luar Batam, bahkan dari luar negeri. Waving flag dilakukan pukul 06.30 WIB untuk 75 peserta jalur 20 kilometer dan 06.45 WIB untuk 417 peserta jalur 10 KM.

Waving flag dilakukan oleh Kadispar Prov Kepri, Guntur Sakti; Direktur PT Hotel Panbil Sejahtera, Teezar Mirza, General Manager Panbil Nature Reserve, Zulkarnain Firdaus dan perwakilan panitia Merdeka Trail Run yaitu Metta Bayu.

General Manager Panbil Nature Reserve, Zulkarnain, menyampaikan kegiatan ini dibagi menjadi 2 jarak trail run yaitu 10 dan 20 kilometer, Merdeka Trail Run dibanjiri oleh ratusan pendaftar dari Batam, Jakarta, Pekanbaru dan kota-kota lainnya bahkan dari negara tetangga Singapura.

Perbedaan jarak 10 dan 20 kilometer dalam acara Merdeka Trail Run ini terletak pada jalur yang akan dilalui serta tingkat kesulitan. Pada jarak 10 kilometer, peserta akan diajak untuk menelusuri medan jalur hutan Pelawan sisi luar dengan tingkat kesulitan medium, dimana jalur yang dilalui berupa tanjakan serta turunan di atas jalanan beraspal di awal jalur kemudian jalan tanah serta berbatu dan berkerikil di jalur setelahnya.

Sedangkan di jalur 20 kilometer, peserta akan dibawa masuk ke dalam hutan yang lebih dalam dengan tingkat kesulitan tinggi karena akan melewati jalur air yang cukup licin serta berbatu. "Di tengah-tengah guyuran hujan yang deras, para peserta satu per satu dapat menaklukkan tanjakan serta turunan terjal yang menjadi jalur Merdeka Trail Run," ucap Zulkarnain, Senin (12/8/2024).

Zulkarnain yang juga merupakan ketua Panitia acara tersebut, menjelaskan, setiap peserta yang berhasil menyelesaikan jalur Trial Run sampai garis finish mendapatkan medali sesuai dengan jalur yang diambil. Beberapa peserta dengan status DNF atau Do Not Finish karena sakit ataupun tidak kuat menyelesaikan trail run akan langsung dievakuasi oleh tim Panbil Nature Reserve dan RS Awal Bros Botania untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di ruang medis yang disediakan.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh peserta yang dengan penuh semangat mengikuti serta menaklukkan dan menyelesaikan jalur Merdeka Trail Run Panbil Nature Reserve," ungkap Zulkarnain.

"Kami sangat bangga dan kagum kepada seluruh peserta dari berbagai kota, negara, gender dan usia yang dengan berani menaklukan jalur trail run yang kami sediakan. Meskipun Batam diguyur hujan deras dari pagi hingga siang, tapi hal ini tidak membuat para peserta menyerah untuk menyelesaikan jalur hingga garis finish," sambungnya.

Zulkarnain menyebutkan, tak lupa pihaknya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno serta Kadispar Kepri, Guntur Sakti serta semua sponsor atas dukungan yang diberikan.

Baginya, tanpa dukungan dari semua pihak, Merdeka Trail Run tidak akan sukses dan berhasil seperti yang menjadi harapan semua pihak. "Tentunya masih ada banyak kekurangan dari kami selaku panitia penyelenggara Merdeka Trail Run yang pastinya menjadi perhatian untuk penyelenggaraan event selanjutnya di masa yang akan datang. Sekali lagi terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, semoga kita menjadi semakin bersemangat dalam menyongsong hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 mendatang," sebut Zulkarnain.

Acara dimeriahkan oleh berbagai entertainment seperti fashion show, tari daerah, modern dance dari Sanggar Seni Buana Central Park, Disko Kaki 5, Orkes Merantau, berbagai macam doorprize dari beberapa sponsor seperti Wyndham Panbil Batam, Panbil Residence Service Apartment, Panbil Nature Reserve, Kayumerah Restaurant, Batam Fast & Beverly Hotel untuk kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Merdeka Trail Run kategori jarak 10 kilometer & 20 kilometer.

Diharapkan bahwa sport event serupa dapat terus dilanjutkan oleh Panbil Hospitality Group dalam usahanya mengajak masyarakat Kota Batam dan sekitarnya untuk hidup sehat dengan berolahraga.

Antusisme serta tanggapan positif membanjiri halaman social media beberapa hari terakhir pasca diselenggarakannya Merdeka Trail Run. Para peserta memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara atas keberhasilan event trail run ini, mulai dari jalur / track trail run yang dinilai sangat menantang dan berbeda dari sport event lari di Batam, segi keamanan / safety hingga kemasan acara serta hadiah yang diberikan. Para peserta berharap, event serupa akan diadakan kembali oleh Panbil Nature Reserve ke depannya.

Merdeka Trail Run didukung dan disponsori oleh Wonderful Indonesia, Hydro Coco, Kimia Farma, Fitbar, Batu Gin, Rumah Sakit Awal Bros Botania, Rumah Sakit Awal Bros - Sport Center Botania, Bank BPR Dana Makmur, IForte, Naraya, Batam Fast Ferry, Plainlabel.id, Batam FM, Sanggar Seni Buana Central Park, H-Production, Panbil Group, Panbil Hospitality Group, Wyndham Panbil Batam, Panbil Residence Serviced Apartment, The Artrium Panbil, Kayumerah Restaurant, Togi Coffee Lab. Official Tiket Partner by Tiket.com.

Editor: Gokli