Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas P4GN TNI AU Gelar Sosialisasi dan Tes Urin di Lanud Raja Haji Fisabilillah
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 06-08-2024 | 17:04 WIB
Satgas-P4GN-TNI-AU.jpg Honda-Batam
Sosialisasi Satgas P4GN TNI AU di Lanud Raja Haji Fisabilillah. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebagai Satuan "ad hoc" yang dibentuk di bawah Markas Besar TNI Angkatan Udara untuk menyukseskan Program Rencana Aksi Nasional P4GN, Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (Satgas P4GN) TNI AU menyelenggarakan sosialisasi di Gedung Dirgantara Mako Lanud Raja Haji Fisabilillah, Selasa (6/8/2024).

Tim Satgas P4GN TNI AU yang mengunjungi Lanud RHF terdiri atas Direktur Penyidikan Puspomau Kolonel Pom Mohammad Achyar, Kasubdisdargakum Diskumau Kolonel Kum Dedy Eka Putra, Kasubdisbintrajuang Disbintalidau Letkol Sus I Wayan Weraspatiana, Kabag Disorientasi Aerofisiologi Lakespra dr. Saryanto Letkol Kes Jamas Rahadi,, dan Ps. Kasubsicangfis Siprodpen Subdisdokprod Dispenau Lettu Sus Angger Baskara.

Sebelum sosialisasi dimulai, para peserta yang terdiri dari Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Raja Haji Fisabilillah menjalani tes urin. Sebanyak 125 sampel yang telah diambil dinyatakan negatif.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, dalam sambutannya menegaskan bahwa narkotika tidak hanya merusak individu, tetapi juga merongrong pondasi kekuatan dan kemandirian bangsa.

"Sebagai bagian dari keluarga besar TNI AU, kita memiliki tanggung jawab moral dan profesional untuk melindungi diri sendiri, keluarga, serta saudara-saudara sejawat dari ancaman narkotika. Kita tingkatkan kesadaran dan pemahaman kita akan bahaya narkotika," ungkapnya.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah berharap melalui sosialisasi ini, para peserta dapat memahami dan mengaplikasikan materi yang disampaikan.

"Cermati dan hayati hal-hal yang disosialisasikan dan tanyakan sejelas-jelasnya. Kita pastikan Lanud Raja Haji Fisabilillah menjadi contoh keberhasilan dalam melindungi generasi penerus dari bahaya narkotika yang mengintai," pesan Danlanud RHF.

Sementara itu, Komandan Satgas P4GN Marsma TNI Pipik Krispiarto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Katim Satgas P4GN TNI AU Kolonel Pom Mohammad Achyar, mengatakan bahwa Satgas P4GN TNI AU bertanggung jawab langsung kepada Kepala Staf Angkatan Udara dan bertugas melaksanakan tindakan pre-emptive, preventive, serta repressive terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan TNI AU.

"Kami mengajak seluruh personel untuk bersama-sama memerangi narkotika demi menjaga masa depan bangsa dan negara yang kita cintai ini," ucapnya.

"Untuk itu, kepada seluruh Prajurit, PNS, serta Keluarga Besar Lanud Raja Haji Fisabilillah, jangan sekali-kali mencoba ataupun berhubungan dengan narkotika. Sekali anda menyentuhnya, masa depan yang cerah akan lenyap seketika," tambahnya.

Selanjutnya, Tim P4GN menyerahkan rompi Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) kepada Danlanud RHF dan Para Kadis, Dansatpom, Kaintel, Kakes, dan Kakum Lanud RHF sebagai bagian dari komitmen bersama memerangi bahaya narkotika.

Di hadapan para peserta, Tim Satgas P4GN TNI AU memberikan materi pembekalan tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkan dari aspek hukum, kesehatan, dan pembinaan mental yang disampaikan langsung oleh Dinas Hukum Angkatan Udara, Puspomau, Diskesau, serta Disbintalidau.

Editor: Yudha