Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Fest Masuk Iven KEN 2024, Menparekraf Ucapkan Selamat Buat Kepri
Oleh : Redaksi
Senin | 05-08-2024 | 18:24 WIB
0508_ansar-sandi_02392348238.jpg Honda-Batam
Pembukaan Tanjungpinang Fest 2024 di Jalan Merdeka, Kota Tua, Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno mengucapkan selamat kepada Provinsi Kepri (Kepri) dengan terpilihnya Tanjungpinang Fest sebagai salah satu iven terbaik Indonesia, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Menteri Sandi, pada pembukaan Tanjungpinang Fest 2024, Ahad (4/8/2024) malam, menjelaskan jika Tanjungpinang Fest berhasil lolos dari ribuan iven di Indonesia yang dikurasi.

"Di Indonesia ada 110 iven (KEN 2024) unggulan yang sesuai arahan Presiden. Dikurasi dan dipilih oleh Kemenparekraf. Dan saya ucapkan selamat kepada Kepri berhasil menembus ribuan iven yang dikurasi. Kita siap berkolaborasi," papar Sandiaga.

Provinsi Kepri dikatakan Menteri Sandiaga mengirimkan empat iven, dan yang terpilih masuk dalam KEN 2024 adalah Tanjungpinang Fest.

Iven ini terpilih karena memenuhi kriteria strategi Kharisma Event Nusantara yang menggabungkan storynomic - narasi dan konten kreatif, pola perjalanan wisata dan ada wawasan kecintaan terhadap Kota Tua Tanjungpinang.

Tanjungpinang Fest yang dipusatkan di Jalan Merdeka, dikatakan Menteri Sandiaga sangat pantas. Tanjungpinang sejak abad ke17 telah dikenal sebagai bandar perdagangan dan pelabuhan.

Pusatnya berada di Jalan Merdeka yang jika ditilik suasananya pada tahun 1785 memiliki kemiripan dengan Singapura tempo dulu.

"Potensi historis kota tua serta budayanya sangat layak untuk dieksplorasi, menjadi daya tarik kunjugan wisata," sebut Menteri Sandiaga.

Ia juga menyingingun Pulau Penyengat telah terpilih sebagai The Best Tourism Villages yang didorong untuk mempresentasikan Indonesia dalam The Best Tourism Villages dari UN Tourism, organisasi pariwisata PBB (World Tourism Organization /UNWTO).

Pulau Penyengat dijadikan sebagai salah satu pusat pembelajaran sejarah yang menjadi salah satu strategi story nomage, narasi dan konten kreatif, pola perjalanan wisata dan enterpretasi yang menarik.

"Inilah yang menjadi keunikan dari Tanjungpinang Festival," sebut Sandiaga.

Ia optimis suksesnya kegiatan Tanjungpinang Fest akan berdampak kepada capaian target kunjungan wisman 2024 sebanyak 1,5 miliar.

"Kepri ditarget menyumbang 2 juta dan menuju 3 juta. Dan ini akan diwujudkan dengan beberapa terobosan-terobosan," sebut Sandiaga.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasih kepada Menparekraf dengan terpilihnya Tanjungpinang Fest masuk dalam KEN 2024.

"Tentunya kegiatan ini bagian dari memperkaya berbagai iven budaya, pariwisata di Kepri, dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisata," sebut Gubernur Ansar.

Gubernur berharap iven-iven serupa tidak hanya menjadikan Kepri sebagai provinsi tiga besar nasional terbesar kunjungan wisman, tetapi menjadikan Kepri sebagai provinsi terbesar kunjungan wisman setelah Bali.

"Oleh karena itu iven seperti ini ahrus terus dikembangkan. Dan insyaallah tahun 2025, melalui APBD Provinsi, iven-iven besar sudah banyak disusun untuk diselenggarakan di Kota Tanjunpinang, ibukota Provinsi Kerpi," terang Gubernur Ansar lagi.

Ansar berharap iven besar pariwisata juga diselenggarakan di seluruh kabupaten/kota di Kepulauan Riau. "Semoga sektor pariwisata menjadi sektor unggulan di Kepri," tutup Gubernur Ansar.

Editor: Yudha